14 Unit Accu APILL Hilang Dicuri

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Accu penyimpan listrik tenaga surya yang dipakai untuk menyalakan lampu Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) di wilayah Bantul menjadi sasaran pencuri. Selama dua pekan terakhir ini sudah ada 14 unit accu APILLyang hilang.

Menurut Kasi Teknisi APILL Dinas Perhubungan Bantul, Pujianto diduga pelaku merupakan kelompok penjahat spesialisasi mencuri accu APILL lintas wilayah. Hal ini karena bukan hanya Bantul saja yang menjadi sasaran, tetapi juga wilayah lain termasuk Kulonprogo.

Pencuri melakukan aksinya dengan menjebol gembok kotak penyimpan accu yang ada di bawah tiang lampu APILL setelah memotong lingkaran pengait gembok. Setelah accu dilepas, pencuri mengembalikan posisi tutup kotak, sehingga aksi tersebut baru diketahui setelah lampu APILLtidak menyala.

Kepala Dishub Bantul Aris Suhariyanto Sos MM, menegaskan secara keseluruhan di Kabupaten Bantul terdapat 42 APILL. Dari jumlah itu Kabupaten Bantul punya 18 titik, provinsi 9 titik, sedang pemerintah pusat punya 15 titik. Aris mengungkapkan, hilangnya komponen accu tersebut baru diketahui empat hari lalu.

"Kami kehilangan lima accu APILLyang berada di simpang empat Jetak, kemudian simpang empat Gose satu unit. Itu semua milik Pemkab Bantul. Sedangkan milik DIY yang hilang berada di simpang empat Palbapang satu unit dan perempatan Manding satu unit," ujarnya.

Untuk mencegah aksi pencurian yang sama, petugas Dishub Bantul kemarin terpaksa mengelas pintu kotak APILL di wilayah Bantul. Dengan harapan pelaku pencurian tersebut tidak lagi bisa membuka kotak accu.

Sementara Kasat Sabhara Polres Bantul AKP Tukirin, mengaku belum ada laporan tentang aksi pencurian accu APILL tersebut. Untuk mengantisipasi aksi serupa, jajaran Sabhara Polres Bantul akan lebih giat melakukan patroli wilayah, termasuk pengawasan terhadap keberadaan sarana pengaturan lalu lintas dari incaran pencuri.

Ketua Komisi C DPRD Bantul Wildan Nafis SE, meminta agar pengawasan terhadap keberadaan APILL perlu ditingkatkan. "Hilangnya accu tidak boleh terjadi lagi, harus ada antisipasi sejak dini termasuk pemasangan pengaman memadai," ujarnya.

Politisi Partai Amanat Nasional ini juga minta kepada pihak kepolisian dan semua masyarakat untuk ikut mengawasi. Jika ada hal mencurigakan perlu diambil tindakan dengan menginformasikan kepada pihak berwajib. "Mari kita jaga bersama, kepedulian semua pihak sangat dibutuhkan untuk menjaga aset itu," ujarnya. (Jdm/Roy)

BERITA REKOMENDASI