159 Napi Rutan Bantul Terima Remisi

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – Sebanyak 159 narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II Bantul, bertepatan dengan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI Selasa (17/8) siang menerima remisi umum (RU). Dari jumlah tersebut yang menerima remisi umum 1 (RU1) 157 narapidana dan yang menerima RU2 ada 2 narapidana yang langsung bebas.

Penyerahan SK Remisi dari Kementerian Hukum dan HAM RI langsung oleh Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih disaksikan Kakanwil Kemkumham DIY, Budi Argap Situngki And IP SH MH, Kepala Rutan Bantul Enjat Lukman Hakim BcIP SH, Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK, Kajari Bantul Suwandi SH Hum, Muspimkap Pajangan dan perwakilan instansi terkait.

Menurut Kakanwil Kemkumham DIY, narapidana yang berhak menerima remisi adalah narapidana yang tidak pernah melakukan pelanggaran disiplin selama dalam masa hukuman. Minimal harus sudah menjalani hukuman selama 6 bulan.

Jumlah penghuni Lapas, Rutan maupun LPKA di DIY per tanggal 16 Agustus 2021 sejumlah 1.738 orang terdiri dari 1.305 status narapidana dan 433 status tahanan. Dari jumlah narapidana tersebut yang mendapat RU 1 sebanyak 945 narapidana, terdiri 901 penerima RU 1 dan 44 penerima RU 2 yang langsung bebas.

BERITA REKOMENDASI