160 Warga Binaan Ikuti Vaksinasi

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebanyak 160 tahanan dan warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bantul, Rabu (30/06/2021) menjalani vaksinasi di Aula Rutan setempat. Untuk pelaksanaan kegiatan tersebut bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Bantul atau Puskesmas Pajangan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY, Gusti Ayu Putu Suwardani yang ikut memantau pelaksanaan vaksinasi di Rutan Bantul mengungkapkan,  vaksinasi bagi tahanan dan warga binaan di Rutan maupun Lapas se DIY harus segera dilaksanakan, karena untuk antisipasi atau upaya pencegahan penularan Covid-19 masuk di Rutan dan Lapas, yang merupakan lingkungan rentan terhadap penularan Covid-19.

“Ini harus segera dilakukan dengan gerak cepat, mengingat penularan Covid-19 di Yogyakarta perkembangannya luar biasa. Maka upaya antisipasi juga harus gerak cepat, ” ungkapnya.

Gusti Ayu berharap , jangan sampai terjadi lagi ada klaster di dalam Rutan maupun Lapas, seperti yang terjadi di Lapas Narkoba Yogyakarta, ada 262 warga binaan terpapar  Covid-19. Beruntung 262 warga binaan tersebut sekarang sudah selesai menjalani karantina selama 14 hari.

Menurut Gusti Ayu, pelaksanaan vaksinasi di UPT Rutan Bantul sudah urutan ke tiga , pertama di Lapas dan ke dua di Rutan Yogyakarta. “Saya apresiasi dengan pelaksanaan vaksinasi di Rutan Bantul ini, untuk di Lapas dan Rutan lainnya agar segera menyusul,” pungkas Gusti Ayu.

Kepala Rutan Bantul, Enjat Lukmanul Hakim menambahkan, selama terjadi pandemi Covid-19, di lingkungan Rutan Bantul dilakukan upaya pencegahan penularan Covid-19 dengan pemeriksaan kesehatan rutin bagi warga binaan, penyemprotan disinfektan, dan penyediaan masker, hand sanitiser maupun sarana cuci tangan dengan sabun.

Sementara Senin (28/06/2021) lalu Rutan Bantul menerima penghargaan dari BNN DIY, sebagai instansi yang berperan aktif dalam melaksanakan P4GN menuju Rutan bersih penyalahgunaan Narkotika. Penghargaan diberikan pada saat peringatan HANI di Kantor BNN DIY. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI