17 Koramil Serentak Gelar Pembekalan Wawasan Kebangsaaan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebanyak 17 Koramil di wilayah Kodim 0729 Bantul serentak mengelar kegiatan pembekalan wawasan kebangsaan di sekolah-sekolah baik tingkat pertama hingga menengah, Rabu (13/12/2017). Kegiatan ini digelar sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Juang Kartika.

Komandan Kodim (Dandim) 0729 Bantul, Letkol (Inf) Agus Widianto mengungkapkan, pembekalan ini penting diberikan kepada para pelajar agar memiliki semangat nasionalisme. Generasi muda merupakan benteng negara yang akan melanjutkan perjuangan para pahlawan pada masa yang akan datang.

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada para generasi muda, dalam hal ini pelajar bahwa setiap warga negara harus memiliki nasionalisme yang tinggi, cinta akan tanah air dan memberi kontribusi yang positif bagi kemajuan bangsa. Disamping itu juga kesiapan bela negara sesuai kemampuan masing-masing bila negara membutuhkan sebagai alat pertahanan negara,” tegas Agus Widianto didampingi Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0729 Bantul, Mayor (Inf) Suwarno di makodim setempat.

Materi yang diberikan dalam pembekalan wawasan kebangsaan ini yakni tentang empat pilar kebangsaan. Dalam kegiatan ini disampaikan kepada para pelajar bahwa Pancasila merupakan ideologi bangsa dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai bingkai persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam kegiatan pembekalan serentak ini para siswa mengikuti seluruh kegiatan dengan seksama. Pelajar masing-masing sekolah nampak antusis menyampaikan pertanyaan-pertanyaan tentang wawasan kebangsaan menimpali materi yang dibawakan para Danramil. (Van)

BERITA REKOMENDASI