17 Siswa SMAN 2 Bantul Positif Covid-19

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebanyak 17 siswa kelas 12 SMAN 2 Bantul positif terpapar Covid-19, sehingga harus menjalani karantina dan perawatan di Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid Bantul di Bambanglipuro. PLt Kepala SMAN 2 Bantul Ngadiyo MPd dihubungi KRJOGJa.com Kamis (03/02/2022) membenarkan adanya siswa yang terpapar Covid tersebut.

Menurut Ngadiyo, diketahuinya ada siswa terpapar Covid di SMAN 2 Bantul, awalnya hari Minggu (30/01/2022) salah satu siswa ada yang sakit. Oleh orang tuanya dibawa ke rumah sakit dan ketika di swab anak tersebut positif terpapar Covid.

Kondisi tersebut kemudian dilaporkan ke sekolah maupun ke Puskesmas dan dilakukan tracing untuk siswa kelas 12 dan guru yang pernah kontak erat dengan siswa yang dinyatakan terpapar tersebut. Hasil swab di Puskesmas Bantul dari 34 siswa dan 8 guru yang tracing terdapat 16 siswa yang positif terpapar Covid , sehingga jumlahnya ada 17 siswa di SMAN 2 Bantul yang dinyatakan positif Covid.

Menurut Ngadiyo MPd, sesuai dengan petunjuk dan arahan Kepala Dinas Kesehatan Bantul , Agus Budi Raharjo SKM MKes, ada kesepakatan untuk kegiatan belajar mengajar di SMAN 2 Bantul sementara ditiadakan dan diganti dengan sistem Pelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama sepekan atau sampai Jumat (11/02/2022). Sedangkan upaya untuk antisipasi dan pencegahan penularan Covid di SMAN 2 Bantul, Jumat (04/02/2022) hari ini diadakan swab massal bagi semua siswa, guru dan pegawai di SMAN 2 Bantul yang jumlahnya sekitar 800 orang.

Terpisah Kepala Dinkes Bantul mengungkapkan, dengan adanya kejadian di SMAN 2 Bantul, pihaknya segera melakukan tracing dan tes PCR agar tidak terjadi penularan yang lebih luas. “Harus dilakukan tracing kepada siswa, guru dan keluarganya untuk secepatnya, agar secepatnya pula bisa mengantisipasi penularan,” ungkapnya.

Terkait dengan upaya antisipasi dan pencegahan omicrom di Bantul, sekarang semua Shelter di Bantul disiapkan untuk antisipasi jika ada luapan paparan Covid. Sementara jumlah warga terpapar di seluruh wilayah Bantul Kamis kemarin ada 109 warga yang positif terpapar Covid. “Di Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid sudah terisi 60 persen. Kami berharap tidak ada pemaparan Covid lagi,” imbuh Agus.

Sementara anggota Komisi D DPRD Bantul Eko Sutrisno Aji yang berada di Dinkes Bantul kemarin mendukung langkah Dinkes dalam upaya pencegahan penularan Covid diantaranya dengan tracing dan tetap menerapkan wajib mematuhi ptrotokol kesehatan bagi warga. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI