2 Desa Gelar Pilurdes Antar Waktu

BANTUL, KRJOGJA.com- Dua desa yakni Trirenggo Bantul dan Selopamioro Imogiri direncanakan menggelar pemilihan lurah desa antar waktu. Jabatan lurah desa di dua tempat ini kosong lantaran lurah terdahulu meninggal dunia sebelum habis masa jabatannya.

Kabag Administrasi Pemerintahan Desa Setda Bantul, Kurniantoro, Selasa (18/8), menuturkan pihaknya segera mengambil langkah ini supaya jabatan yang selama ini kosong segera terisi dan pelayanan masyarakat tidak
terganggu. “Rencananya pemilihan lurah desa antar waktu dilaksanakan pada 20 Desember nanti. Jadi kisaran 1 pekan sebelum Pilurdes serentak dilaksanakan pada 27 Desember mendatang,” jelasnya.

Adapun tahapannya sama dengan Pilurdes serentak. Seperti pendaftaran calon dan penelitian berkas calon lurah. Namun penetapan lurah terpilih diupayakan melalui Musyawarah Desa (Musdes). Bila tidak tercapai, baru
dilakukan dengan mekanisme pemilihan. “Lurah terpilih hanya menjabat sampai habisnya sisa masa jabatan yang ditinggalkan lurah lama. Adapun azas musyawarah mufakat diutamakan dalam pemilihan lurah desa antar waktu,” urainya.

Pilurdes antar waktu hanya dilakukan bila sisa jabatan lurah yang ditinggalkan lebih dari satu tahun. “Jadi jika sisa jabatan yang ditinggalkan kurang dari satu tahun maka cukup ditunjuk pejabat lurah desa,” tegasnya. (Aje)

BERITA REKOMENDASI