24 Desa di Bantul Gelar Pilurdes

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebanyak 24 Desa di Kabupaten Bantul akan menggelar Pemilihan Lurah Desa (Pilurdes) serentak pada tahun 2020 yang rencananya dilakukan 21 Juni mendatang. Desa yang menyelenggarakan Pilurdes tersebut, Desa Jambitan dan Tamanan (Banguntapan), Muntuk, Imogiri, Karangtalun dan Karangtengah (Imogiri), Canden (Jetis), Bangunjiwo dan Tirtonirmolo (Kasihan), Donotirto dan Tirtohargo (Kretek), Sendangsari dan Triwidadi (Pajangan), Caturharjo (Pandak), Srimulyo (Piyungan), Bawuran, Pleret, Segoroyoso dan Wonokromo (Pleret), Gadingharjo dan Srigading (Sanden), Argodadi (Sedayu), Pendowoharjo dan Timbulharjo (Sewon).

Menurut Kabag Administrasi Pemerintah Desa Bantul, Drs Kurniantara MSi dari 24 desa tersebut, saat ini ada 6 yang sudah habis masa tugasnya yakni Desa Jambitan, Imogiri, Karangtengah, Bangunjiwo, Triwidadi, Srimulyo dan Pendowoharjo. Untuk pelayanan tugas sehari-hari dijalankan pejabat sementara.

Baca juga :

Kesejahteraan Guru Honorer Jauh dari Harapan
Drainase Babaran Mulai Dinormalisasi

Untuk kesiapan Pilurdes serentak 2020, saat ini masing-masing desa diminta segera mengajukan anggaran pelaksanaan. Perkiraan anggaran yang sudah disetujui, setiap pemilih membutuhkan biaya Rp 25.000. Dari biaya perpemilih dikalikan jumlah DPT masing-masing desa ditambah 5 persen. "Jika ada kekurangan dana dibiayai dengan dana desa," jelas Kurniantara.

Sementara alokasi waktu dan kegiatan Pilurdes 2020, diawali dengan pembentukan panitia pemilihan tingkat desa oleh BPD paling lambat 4 Februari 2020. Selanjutnya laporan akhir masa jabatan lurah desa kepada bupati dilakukan 30 hari kerja sebelum masa jabatan lurah desa berakhir.

Dengan persiapan Pilurdes serentak di Bantul 2020, masyarakat di masing-masing desa yang menyelenggarakan pemilihan saat ini sudah mulai mencari jago yang disiapkan untuk dicalonkan dalam Pilurdes serentak 2020 mendatang. "Hindari politik uang, jika masyarakat kepingin lurahnya baik," tegasnya. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI