32 Dokter Hewan Diterjunkan Periksa Ternak

Editor: Ivan Aditya

BANTUL (KRjogja.com) – Sebulan jelang Hari Raya Idul Adha Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) Bantul gencar memeriksa hewan di 26 lokasi pedagang di 17 kecamatan di Bantul. Langkah tersebut diambil untuk memastikan kondisi hewan keadaan sehat untuk disembelih saat kurban nantinya.

Plt Dispertahut Ir Pulung Hariyadi MSc mengatakan, pemeriksaan dilakukan agar amasyarakat tidak risau memikirkan kemungkinan sapi sakit disembelih. Dari 26 titik target pemeriksaan, dinas pihaknya menerjunkan 32 dokter hewan.

“Petugas dilapangan tidak hanya menyasar pedagang besar, tetapi  tepat dihari Idul Adha pemeriksaan juga dilakukan di semua titik penyembelihan yang tersebar di 1.500 lokasi. Tahap itu dinas menerjunkan 150 petugas paramedis,” katanya di Bantul, Senin (15/08/2016).

Dari temuan di lapangan, mayoritas ditemukan cacing hati pada hewan ternak. “Kesehatan hewan bisa diketahui tanpa dipegang, merujuk  dari hidung dan mata, jika hidung basah dabn mata bening, hewan itu sehat,” ujarnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI