45 Klub Layang-layang Ikuti Festival di Parangkusumo

BANTUL (KRJogja.com) – Sebanyak 45 klub layang-layang dari berbagai daerah di Indonesia ikut serta dalam memeriahkan festival layang-layang di Pantai Parangkusumo, Bantul, Sabtu (27/08). Festival layang-layang berlangsung hingga besok Minggu merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Pengkarya Layang-layang Indonesia (Perkalin).

Acara yang bekerjasama dengan dengan Dinas Pariwisata Provinsi DIY ini dimulai sejak tahun 2006. Festival ini tiap tahunnya terus mendapatkan antusias yang tinggi dari klub layang-layang ada di seluruh Indonesia. "Tiap tahun pesertanya selalu bertambah", jelas Ketua Umum Perkalin, Harry Cahya.

Dalam festival ini, pihak panitia membagi para peserta lomba dalam 5 kategori, yaitu, tradisional, dua dimensi, tiga dimensi, rokaku serta tren naga. Dengan adanya 5 kategori ini, para peserta diharapkan untuk bisa berinovasi dengan layang-layang yang dibawa dari daerahnya masing-masing. "Karena unsur seni dari setiap layangan itu penting, menunjukkan ciri khas setiap daerah", tambah Harry.

Selain menjadi daya tarik wisata dan kompetisi, festival ini juga merupakan salah satu cara untuk mengedukasi para generasi muda khususnya anak-anak untuk mengetahui dunia seni layang-layang. "Besok kita ada workshop untuk anak-anak, ini yang jadi pembeda kita dari festival layang-layang lainnya," jelas Harry. (Muhammad Akbar Samudra)

BERITA REKOMENDASI