53 Warga Binaan Rutan Bantul Terima Remisi Lebaran

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebanyak 53 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bantul menerima remisi khusus keagamaan Idul Fitri 1443 H/ 2022 M. Jumlah tersebut meliputi 52 WBP atau narapidana yang menerima 15 hari dan 30 hari pengurangan masa penjara dan 1 WBP langsung bebas.
Penyerahan SK remisi dilakukan Kepala Rutan Bantul
Ahmad Sihabudin AMd SH MH di Aula Rutan Bantul Guwosari Pajangan usai menjakankan salat Id Senin (2/5), dengan disaksikan jajaran pimpinan Rutan Bantul.
Diungkapkan oleh Ahmad Sihabudin, remisi merupakan bentuk penghargaan atas perubahan  perilaku yang ditunjukkan oleh WBP selama menjalani pidana di Rutan.
Pemberian remisi juga dimaksud untuk mempercepat proses reintegrasi sosial sehingga penerima remisi dapat segera kembali ke tengah masyarakat . Tujuan reintegrasi sosial dalam melaksanakan pidana penjara memberikan perhatian yang seimbang antara masyarakat dan narapidana.
Pemberian remisi khusus hari raya Idul Fitri diharapkan dapat dijadikan sebagai renungan dan motivasi untuk selalu introspeksi diri dan terus berusaha menjadi manusia yang lebih baik. “Pencapaian bagi WBP hari ini membuktikan bahw WBP mampu mengubah diri menjadi manusia yang lebih baik,” ungkapnya.
Sementara kegiatan kunjungan bebas langsung tatap muka keluarga dengan WBP yang biasanya digelar setiap hari raya Idul Fitri sebelum terjadi pandemi Covid – 19, hingga tahun 2022 ini belum bisa digelar, karena pandemi Covid di Yogyakarta masih status level 2. Karena itu kunjungan bebas di Rutan Bantul pada Idul Fitri 2022 belum digelar.
Tetapi sebagai gantinya, selama 2 hari, pada lebaran hari pertama dan lebaran hari ke dua, WBP diperbolehkan melakukan calling call bebas beaya.
Kepala Rutan Bantul juga berharap, bagi WBP yang telah menerima remisi hendaknya tetap berlaku baik dan disiplin selama masih menjalani sisa masa penjaranya.( Jdm ).
FOTO ; KR – Judiman
( Penyerahan SK Remisi kepada WBP Rutan Bantul )

BERITA REKOMENDASI