63 Karya Seni Timbul Raharjo Dipamerkan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Dr Timbul Raharjo (52) seniman yang tinggal di Kasongan Kasihan Bantul menggelar pameran tunggal selama 6 hari mulai Senin (08/11/2021) hingga Sabtu (13/11/2021) di halaman Candi Tirto Raharjo, pedukuhan Tirto Jln Kasongan Bangunjiwo Kasihan Bantul. Pameran dibuka oleh pasangan Timbul dan istrinya Senin (8/11) sore disaksikan undangan yang pada umumnya kalangan seniman juga. Sedangkan Bupati Bantul diwakili Asek Sumberdaya dan Kesejahterasn Rakyat, Ir Pulung Haryadi MSc.

Jumlah karya seni yang dipamerkan sebanyak 63 karya seni, terdiri karya lukis dan patung yang diciptakan selama musim pandemi Covid-19, tentang ketiadaan ide sebagai ide penciptaan gambar dan arca. Menurut Timbul, penciptaan inovasi ini banyak mengksplorasi ide bentuk, bahan dan teknik, tetapi Timbul juga menyampaikan maksud dan tujuan dalam penciptaan seni rupa ini, yakni kebebasan berekspresi.

Sekalipun Timbul sering dikategorikan sebagai seniman ‘abangan’, yang berarti tanggung dan tidak jelas, tetapi eksplanasi yang disampaikan dapat menjadi semacam pembelaan diri sebagai creator yang bertanggung jawab.

“Mungkin terasa absurd dan memang demikian adanya. Dalam berseni rupa saya berpandangan bahwa ide harus liar sesuai dengan hati nurani, apa yang dikatakan memiliki kesesuaian dalam tindakan. Berkarya adalah keinginan dan kegelisahan diri, gelisah karena gembira maupun gelisah karena sedih, keduanya memiliki tingkatan yang sama pada implementasi penciptaan karya inovasi ini,” papar Timbul.

Dijelaskan, dalam penciptaan karyanya focus utamanya adalah proses penciptaan seni rupa itu sendiri, yang tidak dapat menyatukan pemahaman holistik dari semua karya yang saya sajikan dalam konsep keterkaitan karya satu dengan lainnya.

“Saya mencoba mengambil konsep generalistik untuk merangkum sebagai ketiadaan ide yang ternyata sangat beride. Harapan saya karya ini dapat memberikan pengalaman artistic ini bagi pemirsa,” pungkasnya. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI