700 Warga Bantul Jadi Prajurit TNI AL, Serdadu Laut Dideklarasikan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Paguyuban Serdadu Laut Sultan Agung (PSA) Kabupaten Bantul sebagai wadah anggota TNI Angkatan Laut kelahiran Bantul yang bertugas di dalam dan luar negeri dideklarasikan, Kamis (20/08/2020). Deklarasi yang di pusatkan di Pendapa Mangun Setro Cendono Dusun Ngireng-ireng Desa Sidomulyo Bambanglipuro Bantul dihadiri puluhan anggota TNI AL. Dalam acara suka dilakukan potong tumpeng sebagai bentuk syukur serta tonggak berdirinya PSA.

Ketua Paguyuban Serdadu Laut Sultan Agung (PSA), Kabupaten Bantul Kapten Marinir Budi Santosa didampingi Wakil Ketua Peltu Marinir Y Ari Prabowo mengungkapkan, PSA merupakan paguyuban dari anggota TNI AL. Selain itu PSA sama sekali tidak berafiliasi dengan partai apapun, sifatnya independen dengan orientasi sosial kemasyarakatan.

“Putra-putri kelahiran Bantul ataupun berdomisili di Bantul jadi anggota TNI AL yang bertugas diseluruh Indonesia bahkan di luar negeri keseluruhan jumlahnya mencapai 700 an personil. Yang hadir dan masuk menjadi anggota Paguyuban Serdadu Laut Sultan Agung Bantul mencapai baru 240 an anggota,” ujar Ketua Paguyuban Serdadu Laut Sultan Agung Bantul, Kapten Marinir Budi Santosa.

Keberadaan Paguyuban Serdadu Laut Sultan Agung Bantul kedepan fokus bekerja untuk para anggota keluarga TNI AL yang sedang bertugas diseluruh Indonesia. Sejauh ini banyak anggota bekerja jauh dari keluarga dan meninggalkan keluarga di Bantul.

Selain itu ketika diberi umur panjang dan kesehatan, paguyuban ingin mengabdi dan turut serta membangun Bantul. “Karena kami lahir di Bantul sudah selayaknya akan kembali ke Bantul dan nantinya kita juga akan berpartisipasi membangun Bantul,” ujar perwira TNI AL yang bertugas di Resimen Arteleri 2, Pasmar 2, Surabaya ini.

Dijelaskan, Bantul pada 9 Desember 2020 melaksanakan Pilkada serta Pilurdes pada 27 Desember 2020. Oleh karena itu, Paguyuban Serdadu Laut Sultan Agung harus netral. Masyarakat diminta selalu menciptakan kondisi Bantul tetap aman dan tenteram.

Semantara Lurah Desa Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Edi Murjita SPd mengatakan, keberadaan Paguyuban Serdadu Laut Sultan Agung diharapkan bisa berkontribusi dalam pembangunan di Desa Sidomulyo khususnya dan Kabupaten Bantul umumnya.‎ “Kebetulan posko Paguyuban Serdadu Laut Sultan Agung di pendapa ini sebelumnya juga jadi pusat kegiatan sosial kemasyarakatan dan juga kegiatan perlombaan seperti gerak jalan yang dilakukan masyarakat,” ujar Edy. (Roy)

BERITA REKOMENDASI