Polri dan TNI Amankan Perayaan Paskah

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Petugas Polsek Sedayu bersama Koramil setempat dan tokoh agama serta masyarakat yang tergabung dalam Forkompimca Sedayu, bahu membahu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), selama Perayaan Paskah. Sejak ibadah Kamis putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah, petugas berjaga-jaga di beberapa gereja yang digunakan untuk misa Paskah umat Kristiani.

Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana SH MH MSI, Minggu (04/04/2021) menyampaikan situasi kamtibmas di wilayahnya cukup kondusif, tidak ada gangguan berarti. Hal itu tidak lepas dari kesiapsiagaan polri, TNI, dan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan setempat.

Setiap ada indikasi gangguan kamtibmas, warga langsung melaporkan kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat. “Bersyukur hingga perayaan Minggu Paskah, situasi aman dan terkendali,” ujar Ardi Hartana.

Salah satu tempat yang menjadi fokus pengamanan adalah Gereja Katholik Santa Theresia Sedayu. Ardi Hartana menjelaskan seluruh anggotanya dari berbagai unit fungsi diperintahkan untuk menjaga Perayaan Paskah di sejumlah gereja yang ada di Kapanewon Sedayu.

Pihaknya juga menjalin komunikasi dengan beberapa tokoh agama dan tokoh masyarakat dengan fokus meminimalkan gangguan kamtibmas selama Perayaan Paskah. Sejak Rabu (31/03/2021) pihaknya juga mengecek ke beberapa gereja dengan tujuan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Penjagaan keamanan ditingkatkan menyusul terjadinya bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar beberapa waktu lalu.

Sejak hari pertama Perayaan Paskah, anggota Polsek Sedayu sudah bersiaga di gereja-gereja secara bergantian dan rutin. Diharapkan, setelah Perayaan Paskah usai, situasi ksmtibmas tetap kondusif. “Terkait hal itu, kami terus mengintensifkan operasi penyakit masyarakat (pekat) guna mencegah gangguan kamtibmas,” ujar Ardi Hartana. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI