Adakan PLP 1, PAI dan FKIP UAD Terjunkan 1.442 Mahasiswa secara Online

YOGYA, KRJOGJA.com – Program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerjasama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UAD menyelenggarakan penerjunan kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) 1, Selasa (01/09/2020) lalu. Kegiatan PLP 1 diikuti 1.442 mahasiswa dengan rincian dari FKIP sebanyak 1.202, PAI sejumlah 240 mahasiswa tersebar di sekolah mitra Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulonprogo hingga Kamis 10 September mendatang.

Hadir secara online dan memberi sambutan dalam kesempatan tersebut Dr Trikinasih Handayani MSi (Dekan FKIP-UAD) dan Dr Nur Kholis MAg (Dekan FAI-UAD) dan dibuka Rusydi Umar PhD (Wakil Rektor Bidang Akademik UAD). Penerjunan tersebut dilakukan secara online via video confrence.

Yusuf Hanifah MPd selaku Koordinator PLP 1 dari PAI-UAD kepada krjogja.com, Kamis (03/09/2020) menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa pada dunia persekoahan. Di samping itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan soft skill mahasiswa Pendidikan Agama Islam sebagai calon pendidik di masa mendatang. “Kegiatan PLP 1 dilaksanakan selama 10 hari terhitung sejak 1 –10 September 2020,” ujarnya. Jumlah seluruh peserta PLP 1 prodi PAI sebanyak 240 mahasiswa dibimbing oleh 19 Dosen Pembimbing Lapangan. Kegiatan ini melibatkan 22 sekolah mitra yang tersebar di Kabupaten Bantul.

Sedangkan Dr Trikinasih Handayani selaku Dekan FKIP-UAD dalam sambutan mengatakan, tujuan utama PLP 1 yakni membangun jati diri sebagai calon pendidik, mengenal kultur sekolah, mengetahui praktik-praktik pembelajaran, mengetahui karakter-karakter peserta didik dan lain-lain. “PLP dilaksanakan secara daring karena kondisi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Dekan FAI, Dr Nur Kholis MAg banyak mengingatkan mahasiswa, menjalankan PLP 1 diawali dengan niat. Niatkan ikhlas karena Allah SWT . Jaga sikap dan jaga akhlak Jaga kesehatan agar semua upaya yang dilakukan lancar.

Penyampaian sambutan yang terakhir dan sekaligus meresmikan penerjunan PLP 1 dari Wakil Rektor Bidang Akademik, Rusydi Umar PhD. PLP 1 2020 adalah PLP pertama kali yang dilakukan secara daring. Kunjungan dilakukan secara virtual, melalui zoom atau google meet untuk melihat kondisi sekolah. “Output dari kegiatan PLP 1 adalah esai dan portofolio sebagai tugas individu dan tugas kelompok,” ucapnya. Peserta harus menjaga nama baik almamater.
Komunikasi antara peserta, guru/pamong diharapkan dapat berjalan dengan lancar. Mahasiswa diperbolehkan memasuki kawasan universitas dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Ditambahkan Farid Setiawan MPdI, Kaprodi PAI-FAI UAD saat pembekalan, bagi mahasiswa yang melakukan PLP 1 dengan sistem daring/online harus tetap kreatif, inovatif dan tentunya solutif setiap kendala yang dihadapi di lapangan. (Jay).

BERITA REKOMENDASI