‘The Twenty Nine’ Milik Andika Pratama Menjadi The Best Custom Bike Show

BANTUL, KRJOGJA.com – Raut wajah Andika Pratama tampak bahagia bercampur tegang setelah namanya dipanggil ke atas panggung mengetahui motor rakitannya terpilih sebagai The Best Custom Bike Show pada Kustomfest 2018 di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta. Penghargaan ini menjadi penghargaan kedua baginya setelah di tahun sebelumnya ia juga mendapatkan penghargaan yang sama pada Kustomfest 2017. Andika tampak tidak bisa menahan senyumnya setelah menyabet penghargaan tersebut. 

Motor yang ia rakit ini memakan waktu yang cukup lama dalam pengerjaannya yaitu sekitar enam bulan. Uniknya lagi, motor yang ia beri nama The Twenty Nine ini untuk pengerjaan seluruhnya murni handmade dengan bahan stainless steel. “Jadi untuk pengerjaannya saya murni handmade, mulai dari ide dan desain keseluruhan saya buat sendiri,” ungkap Andika, Minggu (7/10/2018). Alasan Andika memilih bahan stainless steel yaitu karena tahan lama dan tidak mudah korosi atau karatan. 

Untuk mesin yang digunakan Andika dalam merakit motor tersebut yaitu menggunakan mesin Harley Davidson S&S Evolution tahun 2015 dengan kapasitas 96 cubic inch atau setara dengan 1800 cc. “Alasan saya pake mesin Harley itu karena mesinnya universal mau dibuat apa aja bisa dan custom apa aja bisa, kita juga juga seakan-akan diberi kebebasan gitu dalam merakit tapi ya kembali lagi ke diri kita masing-masing bagaimana kita mengemasnya menjadi lebih menarik,” ungkap Andika. 

The Twenty Nine rakitan Andika ini masuk dalam kategori cafe racers. Alasan ia beri nama The Twenty Nine sendiri karena ingin menunjukkan proses perjalanannya yang panjang dalam dunia custom dan usianya saat ini juga telah menginjak 29 tahun. Hobi Andika pada dunia custom sebenarnya sudah muncul sejak ia kecil dan terturun dari ayahnya yang juga seorang modifikator. Sejak kecil pria kelahiran Jakarta ini kerap diajak ke bengkel milik ayahnya yang memang lokasinya dekat dari tempat tinggalnya yang berada di Ciputat. 

Pada Kustomfest yang digelar pada 6-7 Oktober 2018 ini, Andika tampak cukup antusias. Ditanyai mengenai motor yang akan ia rakit untuk Kustomfest selanjutnya, Andika masih belum tau akan membuat konsep seperti apa. “Tapi yang pasti untuk kedepannya akan ada yang berbeda dari sebelumnya, karena itu sudah menjadi karakteristik saya untuk selalu mencoba sesuatu yang berbeda dalam hal merakit motor,” jelasnya.(Guntur Mulyadi)

BERITA REKOMENDASI