AIMI Bantul Peringati Pekan ASI Sedunia

BANTUL (KRjogja.com) – Memperingati Pekan Air Susu Ibu (ASI), Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Ranting Bantul menyelenggarakan dua rangkaian acara #sosialisASIserentak yang diadakan di Bantul, Yogyakarta. Acara tersebut berlangsung Sabtu dan Minggu 6 dan 8 Agustus 2016.

Dian Suci Maharani dari AIMI Ranting Bantul mengatakan Pekan ASI Sedunia 2016 digelar untuk mensosialisasikan pengetahuan seputar ASI serta mendukung peningkatan prosentase jumlah ibu menyusui di Indonesia. AIMI mengadakan acara #sosialisASIserentak yang berlangsung pada tanggal 1-7 Agustus 2016. Acara ini diadakan di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Adapun tema global dari peringatan Pekan ASI Sedunia (PAS) Tahun  2016 ini adalah 'Breastfeeding A Key to Sustainable Development', bahwa menyusui merupakan kunci keberhasilan bagi pembangunan berkelanjutan. Pada tingkat nasional, Indonesia mengusung tema 'Ibu menyusui sampai 2 tahun lebih hemat, anak sehat dan cerdas; dalam rangka mewujudkan keluarga sejahtera' disertai dengan slogan 'Ayo Dukung Ibu Menyusui.

ASI adalah hak bagi setiap anak, dan seyogyanya hak itu dapat terpenuhi dengan baik, dan pemberian ASI merupakan pemenuhan hak bagi setiap ibu dan anak. Oleh karena itu, pemberian ASI dari setiap ibu kepada anaknya pun juga memerlukan dukungan kuat dari semua pihak, dimulai dari keluarga, lingkungan sekitar, tempat kerja, hingga pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat umum.

Di Bantul acara pertama dilaksanakan atas kerjasama dengan Puskesmas Pundong ini dihadiri 50 orang peserta dari perwakilan kader Posyandu  dan Kelompok Pendukung (KP) Ibu di Bantul, serta 10 orang perwakilan dari umum. Acara ini menghadirkan dua pembicara, yaitu Maria Primasarie Dewi selaku Konselor Menyusui dan Wakil Ketua AIMI Ranting Bantul, serta Dian Ismarini sebagai Ketua Divisi Hukum dan Advokasi AIMI Ranting Bantul.

Acara kedua  berlangsung Minggu, 7 Agustus 2016, pukul 15.00 sampai dengan 17.00, di Sumber Batikan Trirenggo, Bantul, dengan narasumber Hastrin Hoshitanisita SGz yang merupakan Konselor Menyusui dan Ketua Divisi Edukasi AIMI Ranting Bantul. Dalam acara yang dihadiri oleh masyarakat umum ini, AIMI Ranting  Bantul berkolaborasi dengan organisasi pemuda di Sumber Batikan Trirenggo, Bantul.

"Melalui peringatan Pekan ASI Sedunia kali ini, diharapkan agar pengetahuan dan  informasi seputar ASI bisa tersalurkan dengan baik ke seluruh lapisan masyarakat, khususnya bagi masyarakat Bantul," kata Dian Suci Maharani

dalam siaran pers yang diterima KRjogja.com, Minggu (07/08/2016). Bantul, sebagai salah satu daerah yang telah memiliki payung hukum tentang ASI, yaitu Peraturan Bupati No.82 Tahun 2012 tentang Pemberian ASI Eksklusif, diharapkan agar dukungan dari segala pihak bagi pemberian ASI dan pemenuhan hak ASI bagi setiap anak di Bantul dapat terus berjalan dengan baik. (*)

 

BERITA REKOMENDASI