Ajang JBD dan AJTF 2021, Jadi Stimulus Hidupkan Industri Pariwisata DIY

BANTUL, KRJOGJA.com – Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia (Asita) DIY mulai bangkit dan bergerak dengan menggelar dua event sekaligus yaitu Jogja Bisnis Day (JBD) di Grand Rohan Jogja pada Kamis (17/6/2021) dan Asita Jogja Travel Fair (AJTF) bertempat di Sleman City Hall pada 18 hingga 20 Juni 2021 mendatang. Penyelenggaraan kedua event Asita tersebut menjadi stimulus upaya menghidupkan industri pariwisata yang berjalan beriringan dengan pemulihan kesehatan melalui adaptasi paket-paket wisata yang telah disiapkan.

“Selamat atas diselenggarakan JBD dan AJTF 2021 ini, keduanya merupakan upaya menghidupkan pariwisata yang sempat terpuruk karena pandemi Covid-19. Event ini justru nenjadi pendorong industri pariwisata tebarkan harapan kebangkitan, bersama kita bisa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S Uno membuka secara daring gelaran JBD dan AJTF 2021.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo mengatakan pelaksanaan kedua event Asita DIY ini merupakan sinyal positif pariwisata di DIY bangkit. Sebab jika dilihat, ekosistem pariwisata tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, seperti wisatawan jalan sendiri alias berwisata mandiri tahun lalu yang tidak di handle biro perjalanan wisata, tidak ada pemandu dan sebagainya.

“Trennya adalah wisatawan mandiri jadi dengan adanya JBD dan AJTF 2021 ini kita merindukan ekosistem pariwisata yang ditangani biro perjalanan atau travel agen yang handal dan mengunakan transportasi wisata. Kemudian mengunjungi destinaso wisata, menginap di hotel bintang maupun non bintang, membawa oleh-oleh dan lainnya,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI