Ajari Bikin Kompos Sehari Jadi, Ini Misi Mulia TRB Creative

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Dhimas Drissen dan Penta Drissen adalah dua pemuda yang menggerakkan TRB Creative, menginisiasi pembuatan pupuk dengan metode one day komposting. TRB secara khusus ingin membantu implementasi pertanian berkelanjutan dengan pola tanam sehat yang dimulai dari pengolahan tanah, pengembalian unsur hara dan peningkatan microba yang ada dalam tanah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pupuk kompos organik pun sangat mudah, murah, dan cepat pembuatannya. “Metode one day komposting sangat solutif karena tidak perlu menunggu sampai 40 hari dan dibolak balik dalam membuat pupuk kompos. Cukup campurkan bahan-bahan seperti kotoran hewan masih baru, garam, kapur, arang sekam, kemudian semprotkan cairan remen neutrino bikinan TRB sudah langsung dapat dipakai menanam. Di sini harapannya terbentuk rantai pertanian sehat dimulai dengan membuat pupuk sendiri, merawat tanamannya sendiri tanpa menggunakan pupuk kimia sintesis, kemudian hasilnya pun dapat dijamin bebas residu. Ini merupakan jaminan makanan yang kita makan sangat sehat karena petani menggunakan pola tanam sehat,” ujar Dhimas Drissen.

Untuk tiap 1000 meter sendiri, paling tidak dibutuhkan 1 ton kotoran hewan yang digunakan sebagai pupuk kompos organik. Jumlah tersebut akan sebanding karena keberlanjutan kesuburan tanah akan didapatkan sehingga ketahanan pangan terjamin.

“Untuk kompos sisa makanan bisa diterapkan juga untuk lahan pertanian mandiri di rumah atau pekarangan. Harapannya ketahanan pangan warga masyarakat bisa terjaga, kita bisa tanam sayuran, buah juga dalam polybag atau pekarangan,” ungkap Penta Drissen melanjutkan.

BERITA REKOMENDASI