AKBP (Purn) Bejo SH: Purna Tugas Tak Menghalangi Mengabdi Pada Masyarakat

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Purna tugas atau pensiun, bukan berarti langsung bisa leyeh-leyeh. Pasalnya, pengabdian terhadap bangsa dan negara tidak hanya pada waktu masih aktif berdinas. Saat pensiun pun, setiap orang masih bisa mendarmabaktikan tenaga dan pikirannya kepada masyarakat. Berbaur dengan masyarakat, itu berarti berkesempatan untuk mengikuti segala aktivitas sosial, budaya, ekonomi, dan keagamaan.

Keyakinan itu dipegang erat AKBP (Purn) Bejo SH, yang sudah dua tahun menjalani masa pensiun dari dinas di kepolisian. Kepada KRJogja.Com, Jumat (24/07/2020) Bejo menuturkan setelah tidak berdinas lagi di kepolisian, dirinya tetap berusaha menempatkan agar bermanfaat bagi masyarakat. Semasa masih dinas Bejo tinggal di Aspol Pathuk Yogya, selanjutnya setelah pensiun Bejo ‘mudik’ ke kampung halamannya, Canden, Jetis, Bantul. Di kampung halamannya, Bejo berbaur dengan masyarakat mengikuti berbagai aktivitas sosial, budaya, dan keagamaan. “Saya bersyukur, warga di kampung halaman menerima saya sekeluarga dengan tangan terbuka,” ujar Bejo.

Sebagai ‘balasan’ atas kebaikan warga di kampung halamannya, Bejo berusaha ‘melu ombak umbule’ segala kegiatan kemasyarakatan. Pengajian, kerja bakti, dan tahlilan hajatan selalu diikutinya dengan penuh kesungguhan. Dirinya menyadari, saat ini statusnya sama dengan warga lain, sehingga tidak patut kalau harus mendongakkan kepala lantaran pernah berdinas di kepolisian. “Sekarang hak dan kewajiban saya sama dengan warga yang lain,” kata Bejo.

Ditanya soal kegiatannya setelah pensiun, Bejo mengemukakan dirinya sekarang diberi kesempatan untuk menjadi pengajar di beberapa Perguruan Tinggi (PT) dan berprofesi sebagai pengacara. Saat ini Bejo menjadi salah satu penasihat hukum bagi tiga terdakwa kasus ‘Susur Sungai’ yang memakan korban, beberapa bulan lalu. “Membela hak-hak terdakwa merupakan panggilan hati nurani demi menegakkan kebenaran dan keadilan. Bagaimanapun juga, ketiga terdakwa perlu didampingi selama persidangan berlangsung,” tandas Bejo.

Ditanya perihal apakah dirinya tertarik untuk terjun di dunia politik, sebagaimana banyak dilakukan para pensiunan polisi, Bejo mengemukan persolannya bukan tertarik atau tidak. Menurutnya, turun ke dunia politik bukan persoalan sederhana karena berkaitan dengan kepercayaan, kekuasaan, dan pengabdian. Sebesar apapun ambisi seseorang di dunia politik, jika tidak mencapat kepercayaan dari rakyat, tentu hasil yang didapatkan tidak akan sesuai dengan harapan.

BERITA REKOMENDASI