Al Azhar 38 Ubah Ruang Kelas Jadi Studio Wisuda Virtual

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – SD Islam Al Azhar 38 Bantul mewisuda siswa kelas 6, Sabtu (11/07/2020) hari ini. Berbeda dari dua angkatan sebelumnya, para siswa dan wali terpaksa mengikuti wisuda dengan format virtual karena penyesuaian protokol kesehatan Covid-19.

Acara yang diselenggarakan secara virtual itu memaksa sekolah untuk memodifikasi ruang kelas laksana studio mini. Tamu dan narasumber yang hadir secara tatap muka hanya beberapa, selebihnya secara eksklusif mengikuti melalui Zoom Meeting dan Live streaming Youtube. Secara bergiliran (shift) murid bersama orang tua/wali dikalungkan Samir dan diserahterimakan ijazah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Fathul Mujib, Kepala SD Islam Al azhar 38 Bantul mengatakan sejak Jamuari lalu pihak sekolah sudah menyewa hotel untuk persiapan acara wisuda siswa kelas 6 angkatan ketiga ini. Namun pandemi Covid membuat tim harus mengubah konsep dan mencari ide-ide baru untuk acara wisuda secara drivethru.

“Akhirnya kami gelar wisuda secara virtual, mengubah ruang kelas menjadi studio mini dan menyiarkannya secara langsung melalui zoom meeting dan live Youtube. Semoga seluruh siswa tetap bisa merasakan meski di tengah pandemi,” ungkapnya.

Tutik Saptiningsih, Pengawas Kecamatan Bantul menaruh apresiasi karena SD Islam Al Azhar 38 tetap melaksanakan wisuda dengan menaati protokol kesehatan. Perayaan wisuda tersebut menurut dia sangat berbeda dari sekolah lainnya dikarenakan tidak hanya wisuda kelulusan sekolah namun juga diadakan wisuda khatam/selesai Alquran (khotmil quran).

“Kami berharap anak-anak yang lulus selain mempunyai bekal akademik yang bagus juga memiliki akhlak yang mulia. Acara ini tidak semua sekolah bisa melakukannya karena menggunakan 2 cara yaitu secara virtual dan drivethru. Keunikan yang lain dari acara ini adalah sekolah juga menjunjung tinggi budaya nasional berkarakter yang ditunjukkan dengan penggunaan baju adat oleh guru dan siswa saat prosesi wisuda drivethru,” ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI