Altalaba Gelar Pesantren Ramadan  Hingga Salurkan ZIS

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Momentum Bulan Ramadan dimanfaatkan  SD Islam Al Azhar 38 Bantul (Altalaba) dengan menggelar serangkaian kegiatan. Diantaranya Amaliyah Ramadan sebagai upaya penguatan nilai Islam dan karakter murid. Kegiatan Amaliyah Ramadan merupakan agenda  rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Koordinator kegiatan, Siti Nur Inayah, SPd I, Rabu (20/4) mengatakan, kegiatan amaliyah Ramadan 1443 H  mengangkat tema “Sucikan Diri, Kokohkan Diri, dan Raih Kemenangan.”. Semua murid kelas I -VI berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.  Dijelaskan, sudah dimulai sejak awal Ramadan diantaranya, cipta lingkungan Ramadan, Tahrib Ramadan, Tahsin dan Tamyiz, Festival Anak Soleh, Altalaba Podcast, dan Dongeng Virtual.

“Beragam kegiatan dilakukan untuk meningkatkan ketakwaan dan kreatifitas anak-anak, seperti adanya kegiatan mewarnai dan dai cilik,” ujar Siti Nur Inayah.   Selain itu juga ada salat uha, pembetulan bacaan dan gerakan shalat serta program penerjemahan Al Qur’an dengan metode tamyiz intensif diajarkan pada seluruh murid setiap hari.

Pengembangan diri dan kreatifitas murid dengan kegiatan Festival Anak Saleh dan pengenalan cita-cita sebagai videografer bekerjasama dengan lembaga profesional. Kegiatan pembekalan materi videografer bagi kelas empat dan kelas lima.  Sedang kegiatan Amaliyah Ramadan 1443 H bagi guru dan karyawan Altalaba juga turut digelar. Pembekalan tamyiz untuk guru yang disiarkan langsung melalui instagram, tadarus, serta kajian tafsir Al Azhar karya Buya Hamka menjadi kegiatan rutin harian yang dilaksanakan selama bulan Ramadan.

Altalaba juga menyapa netizen melalui program Podcast Ramadan dengan tema-tema yang variatif.
Kegiatan bakti sosial dan berbagi zakat fitrah juga dilaksanakan pada kegiatan Amaliyah Ramadan ini. Altalaba mendorong partisipasi aktif orang tua murid agar ikut menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar.

Altalaba menyalurkan sebanyak 323 paket beras dan santunan dari total perolehan uang yang terkumpul  Rp 30.070.000,00 meliputi zakat fitrah, zakat maal, santunan dan sedekah. Penyaluran zakat fitrah dan santunan dilaksanakan  Selasa lalu (19/04). (Roy)

BERITA REKOMENDASI