Amankan Perhelatan JAS, Perahu SAR Terbalik

BANTUL, KRJOGJA.com – Perahu motor tempel milik SAR Parangtritis Kretek Bantul terbalik setelah dihantam gelombang pantai, Minggu (18/2/218). Peristiwa  itu terjadi pada saat Tim SAR bermaksud melakukan pengamanan ajang Jogja Air Show (JAS)  lewat jalur laut. Setelah peristiwa itu personel langsung  terlempar ke  air. Sementara upaya evakuasi dilakukan  secara manual dengan ditarik dan dorong agar perahu bisa menepi ke pantai.

Komandan SAR Bantul, Arif Nugraha mengatakan, sesuai agenda awal sejak pagi sekitar pukul 06.00  sekitar 55 personel SAR sudah melakukan apel. Setelah semua dirasa cukup, persiapan mulai dilakukan dengan  mendorong perahu menuju tepi pantai. Pada awal pengecekan mesin tidak terjadi persoalan berarti, mesin langsung menyala.  Setelah itu perahu langsung didorong membelah derasnya gelombang Parangtritis. Namun upaya pertama itu gagal  lantaran mesin tidak menyala  sehingga perahu kembali terhempas ke daratan.

Setelah gagal pada percobaan pertama, mesin dilakukan perbaikan di tepi pantai. Kemudian  perahu kembali didorong ke tengah laut, namun mesin kembali mati. Kondisi itu membuat perahu terombang-ambing karena gagal menerobos gelombang.  Dalam kondisi mesin mati, perahu  langsung digulung gelombang hingga air masuk ke dalam perahu. Sementara personel SAR tercerai berai  terlempar ke laut.  

Sementara puluhan SAR lainnya langsung melakukan penyelamatan dengan menarik perahu ke tepi. “Kami usahakan dulu, setelah itu nanti kami masuk lagi ke laut untuk mengamankan jalannya JAS,” ujar Arif.

Komandan SAR Korwil 3, Ali Sutanta Jaka Saputra mengatakan, jika  masuk ke luat sejak pagi tentu  insiden perahu terbalik tidak akan terjadi. “Ketika sejak pagi gelombang masih bisa kita lalui,  tetapi ini jadi pengalaman bagi kami,” jelasnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI