Anak Muda Srimulyo Berlatih Digitalisasi Aksara Jawa

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Pemerintah Kelurahan Srimulyo menggelar Pelatihan Implementasi Aksara Jawa di Platform Digital untuk para Pamong dan Karang Taruna setempat, Kamis (8/4/2021). Pelatihan dilakukan sebagai bentuk keseriusan Srimulyo dalam merespon pentingnya pelestarian dan penggunaan aksara Jawa bagi warga masyarakat.

Hal ini sejalan dengan apa yang diputuskan Kongres Aksara Jawa I beberapa waktu lalu tentang pembudayaan aksara Jawa di lingkungan keluarga, masyarakat dan instansi. Inisiatif Srimulyo diwujudkan dengan melangsungkan Pelatihan aksara Jawa ini.

Lurah Srimulyo, Wajiran mengatakan, Srimulyo sangat positif merespons apa yang diinisasi anak-anak muda melalui karang taruna. Ia menilai, program yang dibuat harus segera dilaksanakan dengan tujuan membumikan kembali aksara Jawa di masyarakat Srimulyo.

“Kami berusaha bergerak cepat melalui pelatihan penggunaan aksara Jawa melalui digital. Kami ingin warga dari berbagai usia kembali mengenal dan menggunakan aksara Jawa seperti pendahulu dulu,” ungkapnya

Srimulyo menurut Wajiran kini tengah berupaya berkembang menjadi salah satu Desa Budaya di DIY. “Kami melihat pula aksara Jawa jadi satu potensi yang seharusnya bisa dimaksimalkan masyarakat Srimulyo,” tandas dia.

BERITA REKOMENDASI