Anggarkan Rp 2 M, Jembatan Gangin Segera Dibangun

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Akibat jembatan yang putus karena badai Cempaka akhir 2017 lalu, jembatan di kawasan Jalan Raya Bibis Gangin Tamantirto Kasihan Bantul rencananya mulai dibangun lagi. Pembangunan Jembatan Gangin yang direncanakan secara permanen ini dianggarkan Rp 2 miliar.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Bantul Eko Budi Santoso menuturkan seharusnya pembangunan jembatan tersebut dilakukan tahun lalu. Tetapi karena keterbatasan anggaran baru direalisasikan akhir tahun.

"Pembangunan ini bukan jembatan sementara tetapi permanen sehingga anggarannya Rp 2 miliar lebih. Direncanakan pembangunan akan dimulai pada tahun ini," jelas Eko.

Secara teknis saat ini pihaknya tengah menyusun dokumen proyek pembangunan jembatan sebagai syarat lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP). Direncanakan pula jembatan permanen sepanjang 30 meter dan lebar 7 meter.

"Selama jembatan permanen belum jadi warga dapat memanfaatkan jembatan portabel atau jembatan bailey yang terbuat dari besi dan logam. Jembatan ini dipinjami oleh BPBD DIY," tambahnya.

Adapun jembatan permanen sepanjang 30 meter yang akan dibangun tersebut mampu menahan beban lebih dari 10 ton. Selain Jembatan Gangin, tahun ini Dinas PUPKP Bantul juga berencana membangun jembatan di Jarakan Panggungharjo Sewon, dan di Mangir Sensdangsari Pajangan. (Aje)

BERITA REKOMENDASI