Angin Kencang Sapu Imogiri, Pohon Tumbang Rusak Rumah Warga

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Hujan deras disertai angin kencang memicu sejumlah pohon tumbang di Desa Wukirsari tepatnya Dusun Dengkeng RT 04 Imogiri Bantul, Kamis (19/12). Meski sejumlah pohon tumbang, namun hanya satu yang menimpa rumah warga. Sebuah pohon jati roboh menimpa atap rumah Suyadi, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Saksi dalam peristiwa itu, Widodo  mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.45. Siang itu cuaca memang mendung, tidak berapa lama hujanpun turun. "Saya dan warga lainnya menganggap hujan biasa karena sudah musim penghujan," ujar Widodo. Namun ditengah hujan turun yang makin deras, berlahan hembusan angin mulai terasa. Semakin lama angin bertiup sangat kencang.  Sehingga  beberapa pohon langsung ambruk diterjang angin dan hujan. "Hujan dulu turun, setelah itu disusul angin sangat kencang yang menyebabkan pohon pada tumbang," jelasnya.

Babhinkamtibmas Desa Wukirsari, Bripka Wahyu Apriyanto mengatakan, setelah dilakukan pengecekan di Wukirsari ada beberapa pohon tumbang. Namun yang mengenai rumah warga hanya satu di Dusun Dengkeng Wukirsari.

Sementara kejadian serupa juga terjadi di wilayah Desa Muntuk Kecamatan Dlingo  Bantul. Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan sejumlah pohon dan tiang listrik roboh. Lurah Desa Muntuk  Dlingo, Kelik Subagyo SE mengatakan, musibah tersebut paling parah terjadi di Dusun Sanggrahan 1 dan 2. Di wilayah itu, tidak hanya tiang listrik yang roboh di tengah jalan. Tetapi juga pohon menimpa rumah warga.

"Ada tiang listrik roboh di jalan tetapi sudah berhasil langsung dikondisikan. Kemudian ada pohon yang menimpa rumah warga. Sejauh ini dari pendataan yang kamu lakukan bersama Forum Penanggulangan Risiko Bencana (FPRB)  Desa Muntuk  paling parah terjadi di Dusun Sanggrahan 1 dan 2. Sejak masuk  musim hujan, kami terus meningkatkan kewaspadaan ancaman bencana alam termasuk angin kencang, " ujar Kelik. (Roy)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI