Antisipasi Bencana, Sedayu Deklarasi Dusun Siaga

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL (KRjogja.com) – Sebagai antisipasi dan kesiapsiagaan diri terhadap potensi bencana di wilayahnya, Pemerintah Kecamatan Sedayu mendeklarasikan diri tentang Dusun Siaga. Harapannya, potensi bencana di tingkat bawah dalam masyarakat bisa terdeteksi dini, sehingga meminimalisir korban.

Menurut Camat Sedayu Drs Fauzan Mu'arifin, Senin (15/1), tugas dan kewajiban dalam manajemen bencana adalah melekat pada semua lapisan masyarakat. Dusun sebagai satuan perangkat pemerintahan di tingkat lokal masyarakat diharapkan ikutserta dalam mitigasi bencana di wilayahnya.

"Dusun siaga ini dibentuk dan dideklarasikan oleh Pemerintah Kecamatan Sedayu juga bukan saja difokuskan dalam bencana alam semata, namun bisa membantu dalam program pengentasan kemiskinan dan masalah sosial kemasyarakat di wilayah setempat," kata Fauzan Mu'arifin.

Seiring kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi, diakui Fauzan Mu'arifin, potensi masalah sosial dalam masyarakat juga semakin kompleks. Selain kemiskinan dan kesenjangan sosial, gesekan sosial akibat perubahan perilaku masyarakat imbas dari teknologi juga semakin mengkhawatirkan.

"Kenakalan remaja bisa saja muncul akibat perilaku hidup yang tidak baik, selain kesenjangan hidup masyarakat yang perlu mendapat perhatian. Sebagai wujud peduli kepada masyarakat, di Kecamatan Sedayu juga menggiatkan program bantuan sosial bagi warga ekonomi miskin," katanya. (R-3)

BERITA REKOMENDASI