Antisipasi COVID-19, Jiffina Siapkan Pengukur Suhu Tubuh

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebagai langkah antisipasi mewabahnya Corona Virus (Covid-19) di even bertaraf internasional, panitia Jogja International Furniture and Craft Fair (Jiffina) menyediakan alat pengukur suhu tubuh pada even yang rencananya dibuka di Jogja Expo Center (JEC), Sabtu (14/03/2020) mendatang. Hal ini karena even Jiffina rencananya dihadiri delegasi dari berbagai berbagai negara.

Ketua Jiffina, Indro Wardoyo menuturkan sesuai dengan aturan protokol sebagai antisipasi, peserta membawa surat keterangan sehat dari negaranya. Selain itu di area pameran disediakan hand sanitizer sebanyak 16 titik di dalam area dan stand masker di luar area.

“Di pintu masuk akan dilakukan skrining dan menyiapkan alat sensor pendeteksi suhu tubuh. Apabila suhu tubuh pengunjunh diatas 37,9 derajad celcius maka akan dilakukan protap antisipasi yang berlaku,” jelasnya kepada KRJOGJA.com, Kamis (12/03/2020).

Terkait penanganan, akan dilakukan seperti dalam pelaksanaan even internasional pada umumnya seperti penyiapan ruang isolasi, dokter, 4 unit ambulans dan siap dibawa ke RS rujukan penanganan Covid-19. Adapun dalam Jiffina akan diikuti sekitar 300 perusahaan furniture dan craft.

Untuk peserta dari Indonesia kebanyakan berasal dari Jawa dan Bali serta pemain ekspor. Peserta yang direncanakan akan datang dari 60 negara, sementara beberapa negara seperti China, Filipina, Malaysia dan Vietnam kemungkinan besar tidak hadir.

Ia menargetkan pameran yang digelar sejam 14 hingga 17 Maret ini mampu meraup target transaksi ratusan juta dollar. “Momentum Jiffina diharapkan menyelamatkan pengusaha lokal untuk memasarkan produknya ditengah situasi ekonomi yang tidak menentu,” tambahnya. (Aje)

BERITA REKOMENDASI