Agustin Suharto dan Kusidah Raih Juara Menyanyi Lagu Perjuangan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Meski sudah masuk kategori usia lanjut (lansia), tapi semangat tetap membara. Itu pulalah yang ditunjukkan para kaum lansia (jompo) saat mengikuti lomba nyanyi lagu-lagu perjuangan dalam rangka mengisi perayaan kemerdekaan RI ke-75.

Dalam lomba nyanyi lagu-lagu perjuangan yang diadakan di BPSTW Yogya Kasongan Bangunjiwo Bantul Senin (10/08/2020) para kaum jompo (lansia) yang terdiri 30 peserta, 15 putra dan 15 putri tersebut, mereka selain menyanyikan lagu wajib bernuansa perjuangan. Untuk lagu pilihan peserta bebas menentukan, baik lagu campur sari, keroncong, pop dan melayu sesuai kemampuan para peserta.

“Peserta lomba ini kebanyakan mereka sudah berusia di atas 60 tahun paling tua usia Mbah Kusmiyati berusia 98 tahun,” ujar Sri Harjanta SE, Kepala Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial BPSTW Yogyakarta disela lomba nyanyi lagu perjuangan.

Sedangkan dari hasil lomba nyanyi perjuangan itu, mereka yang berhasil menjadi juara putra yaitu I Agustin Suharto, II Anton, III Ismanto, IV Suyatno, V Sujarwo dan VI Maryono. Juara I Putri Kusidah, II Yuni, III Kusmiyati, IV Mujirah Astuti, V Sutilah dan Mujirah Cempluk. Mereka ini diantaranya menyanyikan lagu wajib Indonesia Pusaka dan lagu pilihan keroncong Sungai Serayu.

Menurut Sri Harjanta, peserta yang mengikuti lomba nyanyi lagu-lagu perjuangan ini, adalah mereka yang tinggal di Panti jompo Balai Pelayanan Sosial Tresna Werda (BPSTW) Unit Budi Luhur Kasongan. Sebenarnya BPSTW ada dua selain Unit Budi Luhur Kasongan juga ada unit Abiyoso Pakem Sleman.

“Jadi yang mengadakan lomba nyanyi lagu perjuangan adalah BPSTW Unit Budi Luhur Kasongan. Untuk unit Abiyoso tidak mengadakan,” tegasnya.
Sementara itu panitia lomba lagu-lagu perjuangan, Sri Hartin Novmi (Titin) SPi MSi menambahkan, untuk mengikuti lomba lagu-lagu perjuangan tersebut, mereka kaum lansia putra-putri ini sudah menyiapkan diri setiap malam begitu semangatnya. (Rar/Jdm)

BERITA REKOMENDASI