Apapun Vaksin Pasti Ada KIPI

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com – Apapun vaksinnya pasti ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), baik secara ringan maupun berat. Maka bagi yang mau vaksinasi pemahaman tentang vaksin secara umum haruslah dimiliki. Harapannya tidak terjadi ketakutan yang berlebihan.

Demikian diingatkan Tresno Agung Wibowo SKM MKes, Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan DIY saat memberi pengantar Vaksinasi Covid-19 di kampus 4 UAD, Ringroad Selatan, Bantul, Kamis (03/06/2021). Vaksinasi diperuntukkan dosen, guru, tenaga kependidikan (Tendik), relawan dan Lansia Muhammadiyah DIY. Hadir dan membuka kegiatan H Gita Danu Pranata SE MM selaku Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY. Sebelumnya kegiatan diberi pengantar Rektor UAD Dr Muchlas MT.

Menurut Trisno Agung Wibowo, pemahaman tentang vaksinasi itu penting. Selain KIPI, mengetahui 4 tahapan vaksinasi, mulai pendaftaran, skrining, pelayanan sampai observasi. “Kalau tahu tahapan tidak perlu takut,  cemas sampai trauma. Kalau sampai mengalami KIPI serius sudah disiapkan segala sesuatunya,” katanya.

Sedangkan Gita Danu Pranata SE MM selaku Ketua PWM-DIY secara singkat mengatakan, vaksinasi sebagai bentuk ketulusan, kesungguhan dan kebersamaan Muhammadiyah. “Setiap ada vaksinasi secara serentak ketulusan, kesungguhan dan kebersamaan terlihat sekali. Inilah bentuk spiritualitas kita bermuhammadiyah,” ujarnya

Sementara itu, Dr Muchlas MT dalam sambutan antara lain mengatakan, UAD selama Covid-19 sudah banyak hal yang dilakukan. Dari mulai memproduksi Pistol Covid-19, Portal Vaksinasi yang dipasang di pintu masuk fasilitas umum, Radio Komunitas di daerah 3 T, menyediakan shelter UAD.

Kemudian soal vaksinasi, di UAD pada Gelombang I diikuti 564 orang. “Kali ini vaksinasi diikuti 1.800 orang. Sebanyak 500 orang dari UAD. Selebihnya untuk relawan dan Lansia Muhammadiyah DIY,” ujarnya. Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan UAD bekerja sama dengan PWM-DIY dan Dinas Kesehatan DIY.(Jay)

 

 

BERITA REKOMENDASI