Aplikasi Digital, Solusi Manajemen UMKM

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Saat ini, dunia bisnis tengah memasuki era digital, segala sesuatu aktivitas bisnis berjalan sangat cepat dengan melakukan konsep-konsep digitalisasi. Aplikasi digital menjadi solusi manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). UMKM harus mau memasuki era digital sehingga perlu penyesuaian aktivitas bisnis agar bisa bertahan menghadapi persaingan bisnis secara luas.

Menyikapi hal tersebut, dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Adhitya Rechandy Christian SE MM melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Dusun Grogol VII dan Grogol IX, Kelurahan Parangtritis Kapanewon Kretek Kabupaten Bantul. “Kegiatan dengan mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas UMKM berbasis aplikasi digital dengan memberikan modul panduan UMKM untuk melakukan aktivitas bisnis di era digital,” ujarnya, Senin (08/03/2021).

Menurut Adhitya, era digital memberikan kemudahan serta jangkauan yang lebih luas bagi UMKM untuk melakukan kegiatan bisnis mereka. Kemudahan dan luasan jangkauan tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi digital yang tersedia guna mendorong peningkatan kegiatan bisnis di UMKM.

Seperti aplikasi pencatatan keuangan yang dapat membantu UMKM untuk mengidentifikasi pencatatan pemasukan dan pengeluaran secara lebih cepat, aplikasi pencatatan barang yang dapat membantu UMKM untuk mengetahui persediaan barang yang dimiliki sehingga pengusaha mampu mengidentifikasi barang-barang yang dimiliki dan barang yang akan habis dan aplikasi yang dapat membantu kegiatan pemasaran.

Selain itu, seperti sosial media yang dapat membantu jangkauan pemasaran yang lebih luas serta distribusi barang yang dimiliki oleh para pengusaha UMKM. “UMKM saat ini harus mampu menggunakan aplikasi-aplikasi yang dapat membantu bisnis mereka supaya bisnis yang dijalankan oleh UMKM dapat berjalan dengan cepat, efektif dan efisien menyesuaikan kebutuhan pada masa ini,” ucapnya.

Kegiatan pengabdian dilaksanakn, Selasa, 2 Maret 2021 dengan memberikan modul pelatihan kepada UMKM untuk menggunakan aplikasi-aplikasi digital yang dapat digunakan oleh UMKM. “Harapannya dengan adanya pelatihan ini dapat membantu UMKM. Setidaknya untuk terus meningkat dan mampu bersaing dengan kompetitor-kompetitor baru, terutama konsumen milenial sehingga UMKM di masyarakat dapat bertahan,” tandasnya. (Jay)

BERITA REKOMENDASI