Aqua Dwipayana Beri Motivasi Prajurit Kodim Bantul

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pakar komunikasi dan motivasi nasional, Dr Aqua Dwipayana, memberikan materi komunikasi dan motivasi kepada prajurit, PNS dan Persit Kodim 0729 Bantul. Dalam kegiatan yang dipusatkandi Aula Kodim Bantul tersebut dipimpin langsung Komandan Kodim 0729 Bantul Letkol Inf Agus Indra Gunawan. Selain itu juga dihadiri Perwira Staf Kodim dan Prajurit TNI dari perwakilan koramil jajaran Kodim Bantul.

Aqua Dwipayana mengatakan TNI sebagai penjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) punya senjata utama yakni komunikasi. Apalagi, Angkatan Darat yang bersentuhan langsung dengan masyarakat lewat kegiatan teritorialnya.

Dijelaskan, terdapat enam kunci dasar dalam komunikasi, yakni Audible (dapat didengar atau mudah dipahami dengan jelas), emphaty (selalu atau bisa merasa apa yang dirasakan orang lain), respect (menghormati orang lain), clarity (gunakan kalimat sederhana secara terbuka), humble (rendah hati dan tidak sombong), action dan consistency (melaksanakan aksi nyata dan konsisten).

Terkait komunikasi ditengah pandemi, Aqua Dwipayana mengungkapkan, pandemi Covid-19 ini justru jadi media pembuktian betapa pentingnya komunikasi. Karena dalam memberikan instruksi atau petunjuk paling mudah dengan contoh atau keteladanan. “Prajurit jangan pernah patah semangat, jangan putus asa, kehadiran TNI ditengah masyarakat adalah pekerjaan mulia,” jelasnya.

Sementara, Komandan Kodim 0729 Bantul Letkol Inf Agus Indra Gunawan mengatakan, Dr Aqua Dwipayana yang sudah dikenal luas dikalangan TNI sebagai sosok motivator handal kaya pengalaman. Agus Indra Gunawan berharap adanya sharing tentang komunikasi di jajaran Kodim Bantul para prajurit, PNS dan juga Persit mendapat transferan ilmu yang bermanfaat.

“Kepada seluruh Babinsa jajaran Kodim 0729/Bantul di wilayah binaannya agar memperkuat komunikasi dengan masyarakat, dan prajurit harus kuat berkomunikasi,” ujar Agus Indra Gunawan. (Roy)

BERITA REKOMENDASI