Aris Purwanto Jabat Lurah Mangunan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pelantikan dan pengambilan sumpah lurah antar waktu Kalurahan Mangunan Dlingo Bantul digelar, Selasa (26/10/2021). Aris Purwanto dilantik Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih di Pendapa Balai Kalurahan Mangunan. Momentum tersebut mesti dijadikan tonggak pengabdian untuk masyarakat Kalurahan Mangunan.

Abdul Halim Muslih mengatakan, jika Kalurahan Mangunan menjadi bagian tak terpisahkan dalam mewujudkan Bantul yang harmonis sejahtera dan berkeadilan. Halim minta pelantikan sebagai lurah terpilih harus dijadikan momentum sebagai tonggak pengabdian untuk masyarakat Kalurahan Mangunan.

“Saya percaya bahwa saudara Aris Purwanto didasarkan dengan kemampuan yang dimiliki dan tekad untuk selalu memperbaiki diri, kepentingan subjektif hendaknya dilepaskan agar nantinya bisa kerja inovatif, kreatif dan penuh pengabdian,” ujar Halim.

Dalam kondisi pandemi Covid -19 sudah mulai terkendali khususnya di Kabupaten Bantul turun level ke PPKM level 2. Halim berharap Lurah Mangunan menjadi garda terdepan dalam penanganan melalui penegakan protokol kesehatan. Selain itu sebagai pemimpin harus mendampingi dan menjadi mercusuar bagi masyarakat untuk bangkit.

Lurah sebagai penerima amanah dari pemerintah dan rakyat jangan larut dalam rutinitas birokrasi yang kerap kali dipandang sebagai kinerja yang kurang memuaskan. Karena pembangunan kini lebih fokus dipedesaan atau Kalurahan setelah terbit Undang-undang Desa.

Berbagai kewenangan dilimpahkan kepada pemerintahan desa atau kalurahan memiliki kewenangan yang semakin luas dan semakin disempurnakan. Baik oleh pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. “Sesuai dengan Undang-undang desa kalurahan atau pemerintah di daerah diberikan kewenangan yang demikian besar yaitu penyelenggaraan pemerintahan desa dan pelaksanaan pembangunan desa,” jelas Halim.

Menurut Halim, Mangunan jadi salah satu kalurahan paling populer di Kabupaten Bantul. Salah satunya karena punya berbagai macam sumber daya alam, serta sumber daya manusia memadai. “Ini jadi tantangan bagaimana potensi sumber daya alam sedemikian bagus harus dikelola untuk kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Lurah Mangunan, Aris Purwanto mengatakan, pihaknya akan segera koordinasi dengan jajarannya untuk membangun Mangunan supaya programnya memberikan manfaat bagi rakyatnya. (Roy)Bupati Bantul, Abdul Halim menyerahkan SK kepada Lurah Mangunan terpilih Aris Purwanto. (Foto : Sukro Riyadi)

BERITA REKOMENDASI