Asman Toga Menur Ramu Jamu untuk Kesehatan Keluarga

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com – Asuhan Mandiri Taman Obat Keluarga ( Asman Toga) Menur Kalurahan Tirtonirmolo Kasihan Bantul yang dibina Puskesmas Kasihan 2 membuat jamu tradisional di Wisma Tempuyung Padokan Lor, Kamis (24/2/2022). Jamu hasil ramuan ibu-ibu tersebut untuk memenuhi kebutuhan di Puskesmas Kasihan 2, utamanya jenis jamu dari empon-empon dan beras kencur.
“Jamu yang kami buat ini untuk memenuhi kebutuhan Puskesmas Kasihan 2, terutama pada masa pandemi Covid- 19,” ungkap Ketua Asman Toga Menur, Darlies Heri Suparno didampingi ketua PKK Padokan Lor Hj Supiyati.
Menurut Supiyati, pembuatan jamu tradisional ini didukung dengan Danais. Kegiatan ini selain untuk latihan membuat jamu tradisional dengan bahan empon-empok yang hasilnya bisa dijual, juga untuk membiasakan warga meminum jamu untuk kesehatan keluarga, dengan tidak harus membeli, tetapi bisa membuat sendiri.
Asman Toga juga mengajak warga untuk membudidayakan tanaman obat serta mengenali jenis dan pemanfaatannya. Ada beberapa jenis tanaman obat yang tidak perlu diolah sehingga berbentuk jamu, tetapi cukup langsung disedu seperti membuat minuman teh, diantaranya daun zaitun, daun tempuyung, daun handalem , dan kelor dan lainnya.
“Jenis tanaman obat selain untuk kesiapan atau sebagai apotik hidup jika ditanam dengan teratur dan dikombinasikan menurut bentuk dan warna daunnya bisa menjadi taman penghias halaman rumah yang tidak kalah indah dengan jenis tanaman bunga. Untuk menanam jenis tanaman obat juga tidak harus punya halaman, tetapi cukup ditanam pakai pot atau polybag ,” imbuh Supiyati. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI