Atasi Pandemi, Bupati Bantul Launching Generator Oksigen

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com– Pentingnya pengadaan generator oksigen di RSUD Panembahan Senopati Bantul merupakan salah satu upaya Pemkab Bantul dalam mengatasi masalah pandemi Covid-19 Bantul. Hal tersebut dikemukakan Bupati Bantul, H  Abdul Halim Muslih saat melaunching generator oksigen di komplek RSUD Panembahan Senopati Bantul, Jumat (6/8/2021).
Dengan dipasangnya dan mulai dioperasikan generator oksigen ini diharapkan bisa mengatasi masalah kekurangan oksigen di rumah sakit rujukan Covid-19 di Bantul  yang akhir-akhir ini mengalami kendala kekurangan oksigen untuk menangani pasien terpapar Covid-19.
Menurut Bupati Bantul, generator oksigen ini mampu memproduksi oksigen 500 liter per menit atau 300.000 per hari, sehingga bisa mencukupi kebutuhan di rumah sakit. “Sisanya bisa untuk membantu masyarakat yang membutuhkan , tetapi dengan syarat membawa tabung sendiri,” ungkap Bupati Bantul didampingi Sekda Bantul, Drs H Helmi Jamharis MM dan Kepala Dinkes Bantul, Agus Budi Raharjo SKM M Kes.
Bupati Bantul menegaskan, pengambilan oksigen tidak boleh dibawa langsung dari rumah sakit, maka perlu penyediaan tempat pelayanan, yakni di Rumah Dinas Bupati Bantul, agar benar-benar tersalur dan tepat sasaran.
Sementara Direktur RSUD Panembahan Senopati Bantul, dr I Wayan Mathana Widiana K Sp THT MKes menambahkan, dalam waktu 2 bulan terakhir ini lonjakan angka positif terpapar Covid-19 di rumah sakit terus meningkat, dengan adanya varian baru Delta memang memprihatinkan.
“Untuk keluar dari krisis oksigen ini Pemkab Bantul membuat kebijakan baru, yakni pengadaan generator dengan pendanaan dari Belanja Tidak Terduga dari APBD Bantul,” pungkas dr Wayan. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI