Atraksi Barongsai Pelajar Meriahkan Perayaan Imlek

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Puluhan pelajar yang tergabung dalam komunitas Mutiara Naga menampilkan tari barongsai dalam rangka memeriahkan perayaan jelang Imlek. Para siswa-siswi mulai dari tingkat SD hingga SMA menunjukan kebolehannya dalam atraksi barongsai dengan diiringi musik khas kesenian Tionghoa tersebut.

Salah seorang anggota Mutiara Naga, Wanda mengatakan dalam atraski ini Mutiara Naga akan menampilkan dua pertunjukan barongsai yang masing-masing dimainkan oleh para anggota putra maupun putri. Masing-masing barongsai akan dimainkan oleh dua orang pemain yang nantinya lincah berakrobat menirukan gerakan-gerakan layaknya seekor singa.

“Yang akan tampil kali ini ada 9 perempuan dan 20 laki-laki. Kami telah mempersiapkan diri dengan latihan untuk tampil dalam acara perayaan Imlek tahun ini,” jelas Winda disela pertunjukan barongsai di sebuah taman bermain kawasan Jalan Wonosari Piyungan Bantul, Senin (04/02/2019).

Winda mengatakan selama ini ia dan temannya-temannya telah rutin berlatih saat diluar jam sekolah. Menurutnya memainkan barongsai kuncinya adalah para kekompakan antar pemain serta menyelaraskan antara gerakan dan musik pengiring.

Berbagai penampilan dalam beberapa kegiatan telah ia ikuti. Momen perayaan Imlek menurutnya menjadi saat paling banyak pentas yang harus jalani untuk terus mengenalkan kebudayaan Tionghoa tersebut di tengah masyarakat.

Pelajar SMP ini mengungkapkan, dari tari barongsai ia dapat lebih memahami tentang nilai-nilai keragaman budaya yang ada tanah air, sikap toleransi serta persatuan. Yang penting lagi, sebagai generasi muda ia dapat mengisi hari-harinya dengan hal-hal positif sehingga jauh dari kegiatan menyimpang yang dapat merusak generasi muda. (Evi Nur Afiah)

BERITA REKOMENDASI