Babinkamtibmas Canden: Penerimaan Anggota Polisi Tidak Bayar

Editor: Ary B Prass

 

BANTUL, KRJOGJA.com – Babinkamtibmas Kalurahan Canden , Kapanewon Jetis Bantul , Aiptu Heri Pratama didukung pemerintah Kalurahan Canden, terutama Lurah Canden BejoSH MH Li, serta didampingi mahasiswa dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta memberikan edukasi dan bimbingan kepada generasi muda warga Canden yang berkeinginan mendaftar sebagai calon anggota Polisi Negara.
Aiptu Heri kepada KR menjelaskan, ide atau keinginan memberikan bimbingan kepada generasi muda yang berkeinginan menjadi calon anggota Polisi ini karena ingin memberi pengertian kepada warga, terutama kepada para pendaftar bahwa masuk Polisi itu tidak dengan membayar atau gratis.
Kemudian dengan dukungan Lurah Canden, Bejo SH MHLi , Aiptu Heri mengumpulkan warga yang dalam tahun 2022 ikut mendaftar sebagai calon Polisi. Di Canden ada 18 pemuda lulusan SMA sederajat, dari 18 pendaftar tidak lolos tes kesehatan 3 , sehingga ada 15 pendaftar, terdiri 11 laki- laki dan 4 perempuan. Dari 15 pemuda tersebut 14 mendaftarkan diri sebagai calon bintara dan 1 mendaftar pendidikan ke Akpol.
Dari para pendaftar tersebut, selama ini belum pernah mengikuti tes mendaftar sebagai  CPNS maupun pegawai swasta, apalagi tes masuk TNI maupun Polri.
Karena itu dengan adanya edukasi dan bimbingan gratis dari Babinkamtibmas yang didukung Lurah setempat para pendaftar calon Polisi sangat antusias mengikuti bimbingan.
Mereka merasa mendapat pengalaman untuk dijadikan bekal dalam mengikuti penyaringan calon bintara Polisi. Orang tua mereka juga mendukung dan merasa diuntungkan, karena tidak harus mencari pembinging anaknya untuk kesiapan mengikuti tes . Tetapi cukup dengan bimbingan gratis di kalurahan.
Sementara bentuk edukasi dan bimbingan tes dari Babinkamtibmas Aiptu Heri, memberikan pengertian bahwa untuk mengikuti pendaftaran Polisi itu tidak dipungut beaya. ” Ini yang penting diketahui oleh calon pendaftar, bahwa masuk Polisi itu tidak mbayar,” tegas Heri.

BERITA REKOMENDASI