Babinsa Beri Pendampingan Kepada Petani

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Para Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0729 Bantul memberikan pendampingan kepada para petani di wilayah kabupaten setempat. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan Program Upaya Khusus (Upsus) yang digulirkan pemerintah.

Komandan Kodim (Dandim) 0729 Bantul, Latkol (Inf) Yuswanto mengatakan, Upsus merupakan program yang dicanangkan pemerintah melalui Kementerian Pertanian untuk mewujudkan swasembada pangan. Ada tiga komoditas yang menjadi fokus dalam program ini, yakni padi, jagung dan kedelai.

“Dalam menjabarkan Program Upsus pertanian para Babinsa melakukan kegiatan pendampingan kepada para petani dari mulai mengolah lahan, pembibitan, penanaman, pemupukan, perawatan dan panen. Masing-masing Danramil bertanggungjawab untuk mendampingi petani di wilayahnya masing-masing,” tegas Yuswanto didampingi Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0729 Bantul, Mayor (Inf) Suwarno di makodim setempat, Jumat (05/01/2018).

Pendampingan ini dilakukan untuk memotivasi dan membantu petani jika dalam proses produksi menemui kendala serta kesulitan. Nantinya permasalahan yang ada segera dilaporkan untuk kemudian dicarikan solusi bersama.

Seperti salah satunya yang dilakukan Babinsa Koramil 10 Imogiri, Sertu Suyanto. Di wilayah yang dibinanya yakni Desa Selopamioro, Sertu Suyanto terjun langsung bersama para petani untuk melakukan penyiangan dan pemukan tanaman padi di sawah seluas 1 hektar.

Selain untuk mengetahui secara langsung permasalahan yang dijumpai para petani, turun langsung ke sawah ini dilakukan Babinsa untuk memelihara kedekatan dengan warga guna mewujudkan kemanunggalan TNI bersama rakyat. Disamping melakskan Program Upsus, para Babinsa juga gencar melaksakan realisasi kegiatan serap gabah petani (sergap) bersama petugas bulog. Hal ini dilakukan guna menjaga keseimbangan stock gabah dan beras di wilayah. (Van)

BERITA REKOMENDASI