Babinsa Dituntut Handal Segala Bidang

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebagai ujung tombak TNI AD, Bintara Pembina Desa (Babinsa) memiliki peran yang sangat penting dalam pertahanan teritorial. Temu cepat dan lapor cepat merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh seorang Babinsa. Selain dua hal tersebut Babinsa juga dituntut handal dalam segala bidang agar keberadaannya dapat diterima di tengah masyarakat.

Komandan Kodim (Dandim) 0729 Bantul, Letkol (Inf) Agus Widianto menegaskan, setiap wilayah memiliki karakteristik masyarakat maupun permasalahan yang berbeda-beda. Seorang Babinsa dituntut untuk mampu mengidentifikasi setiap permasalahan yang ada dan hadir di tengah masyarakat untuk dapat menyelesaikan persoalan itu.

“Babinsa harus cepat beradaptasi dan mampu diterima dalam masyarakat. Babinsa juga dituntut untuk terampil dalam berbagai hal serta menjadi panutan masyarakat,” tegas Agus Widianto didampingi Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0729 Bantul, Mayor (Inf) Suwarno di makodim setempat, Senin (11/09/2017).

Babinsa yang tangguh tidak mungkin terbentuk dengan sendirinya. Untuk mencetak seorang prajurit yang mampu diterima di tengah masyarakat dengan kemampuan serba bisa perlu serangkaian pendidikan serta gemblengan yang berkelanjutan.

Guna meningkatkan kemampuan para Babinsa, Kodim 0729 Bantul menggelar kegiatan Peningkatan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan (Katpuan Apkowil). Pelatihan yang telah dilaksanakan pada tanggal 4 – 7 September tersebut diikuti 50 Babinsa perwakilan dari koramil-koramil yang ada di wilayah Kodim 0729 Bantul.

Berbagai pelatihan peningkatan kemampuan dilakukan selama empat hari, mulai dari budidaya pertanian organik, pembuatan gula semut hingga budidaya ikan lele serta ternak kambing dilakukan oleh para Babinsa. Materi pelatihan diberikan langsung oleh petugas dari Dinas Pertanian maupun Dinas Peternakan Bantul dengan terjun langsung ke desa-desa yang selama ini menjadi daerah sumber budidaya.

“Latihan tersebut untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan para prajurit teritorial, khususnya para Babinsa. Tujuannya untuk menunjang keberhasilan tugas pembinaan teritorial di wilayah yang nantinya akan diteruskan kepada masyarakat,” tegasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI