Babinsa Koramil Kasihan Tingkatkan Kedisiplinan Menwa

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Resimen Mahasiswa (Menwa) merupakan Organisasi Kemahasiswaan dilingkungan perguruan tinggi yang terbentuk untuk mendisiplinkan mahasiswa dilingkup perguruan tinggi masing-masing. Dengan bantuan Aparat TNI, Resimen Mahasiswa dapat ilmu materi dasar tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB), seperti yang dilaksanakan oleh anggota Babinsa Koramil 03 Kasihan Serka Yudiman dan Sertu Kamijo kepada Satuan Resimen Mahasiswa Universitas Janabadra. Sabtu (03/02/2018).

Serka Yudiman mengatakan, kegiatan pemberian materi peraturan baris berbaris merupakan suatu sarana dalam membentuk mental serta kedisiplinan para mahasiswa dalam kehidupannya sehari-hari. Meskipun dalam materi PBB berisi tentang gerakan baris berbaris, tetapi dalam pemahaman untuk diterapkan dikehidupan sehari-hari dapat memberikan dorongan untuk disiplin terhadap waktu serta terhadap diri sendiri.

"Sebagai contoh kecilnya adalah disiplin terhadap waktu. Bila jam masuk kukiah jam 7, tentunya sebagai siswa harus datang sebelum jam 7 agat tidak terlambat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar," tegas Yudiman.

Sertu Kamijo juga menambahkan, peraturan baris berbaris ini juga dapat mendisiplinkan dalam melaksanakan tata cara upacara bendera maupun satuan. Hal ini dapat terlihat dalam berbaris lurus rapi serta dalam melaksanakan penghormatan terhadap bendera harus dilakukan dengan baik dan benar. (*)

BERITA REKOMENDASI