Bangkit Bekarya Lagi!!! Siap Digelar

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Seniman tradisional kadang mengabaikan manajemen, maka perlu mendapatkan pembelajaran soal hal tersebut. Butet Kartaredjasa, pelaku seni sekaligus praktisi manajemen seni, mengatakan hal itu saat memberikan keterangan kepada pers menjelang pelaksanaan rangkaian kegiatan Bangkit Berkarya Lagi!!! di Ada Sarang, Kalipakis, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul (05/08/2022).

Bangkit Berkarya Lagi!!! merupakan rangkaian kegiatan yang digelar untuk membangkitkan kesenian tradisional setelah 2,5 tahun terpuruk karena Pandemi Covid-19. Kegiatan ini didukung Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PLN serta BRI dan dilaksanakan Rosan Production pimpinan Butet ini untuk merespons harapan Presiden Joko Widodo saat menerima sejumlah seniman-budayawan di Istana Negara, Februari 2022, yang berharap seni-budaya harus bangkit kembali

Presiden juga mendorong BUMN, perusahaan swasta, dan industri memberikan dukungan melalui dana CSR kepada kegiatan seni budaya. Komitmen Preside menjadi bukti nyata hadirnya negara dalam menyelamatkan hidupnya kesenian dan kebudayaan.

“Seniman tradisional juga harus mendapatkan pembelajaran praktik manajemen seni berkeadilan yang selama ini saya lakukan,” kata Butet yang pada acara yang juga dihadiri Direktur Regional Jawa Madura Bali PLN Haryanto WS, GM PLN Jateng dan DIY Irwansyah Putra, Regional Consumer Banking Head BRI Setiawan, serta seniman tradisional pendukung kegiatan.

Praktik manajemen seni yang diharapkan Butet diakui Marwoto yang berbicara mewakili seniman tradisional. Martoto menyebutkan, Butet yang sejak kecil menerapkan disiplin teater moderen membuat seniman tradisional harus mengikutinya. Sejak awal sudah harus jelas jadwal latihan, baik waktu maupun tempat.

Haryanto WS dari PLN yang sejak kecil suka melihat wayang kulit sangat mendukung rangkaian kegiatan ini dan berharap bisa menambah semangat seniman. Sedang Setiawan mengatakan, dukungan untuk kegiatan ini sesuai harapan yang didengungkan BRI, yakni memberi makna untuk Indonesia.

Bangkit Berkarya Lagi!!! yang berlangsung Agustus hingga November 2022 diikuti 20 kelompok digelar di seluruh DIY, diawali pentas wayang kulit lakon Sang Swatama dalang Ki Catur Kuncara di Dalem Yudhanegaran, Yogyakarta, Sabtu (06/08/2022). Pentas lainnya di bulan Agustus yakni Teater Kelompok Sedhut Senut di Dusun Panggang II, Giriharjo, Panggang, Gunungkidul (10/08/2022), Sinten Remen (Musik) di Concert Hall TBY (18/08/2022), Ketoprak Tjonthong Taman Budaya Kulonprogo (20/08/2022), RRI (Ketoprak) Auditorium RRI, Demangan, Yogyakarta (27/08/2022). (Ewp)

BERITA REKOMENDASI