Banjir Rusak Infrastruktur di Bantul

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Cuaca ekstrem dalam beberapa hari terakhir berdampak pada rusaknya sejumlah infrastruktur di Kabupaten Bantul. Sejumlah titik, mulai badan jalan, hingga pusat pendidikan tidak luput dari amukan air. Bahkan sejumlah infrastruktur jebol setelah tidak kuasa menahan air.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Drs Daryanto MSi mengatakan sejak cuaca ekstrim melanda Bantul beberapa waktu lalu timnya dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) intensif melakukan pendataan di lapangan. Pendataan tersebut dilakukan untuk mengklasifikasi kerusakan infrastruktur yang jadi kewenangan pemerintah Bantul serta kerusakan fisik yang penanganannya pemerintah DIY.

“Jadi begini, kerusakan infrastruktur di Bantul akibat cuaca ekstrim beberapa hari terakhir ini penanganannya atau perbaikannya ada yang dilakukan oleh pemerintah Bantul dan juga ada kewenangan di DIY dan pemerintah pusat,” ujar Dwi.

Oleh karena itu pendataan tersebut dilakukan sebagai bahan kajian mana yang mesti ditangani. Termasuk kerusakan yang harus dilaporkan ke pemerintah DIY maupun ke pusat. Sejauh ini pihaknya belum bisa bicara banyak terkait jumlah nominal kerugian akibat dampak cuaca ekstrim.

“Cuaca ekstrim banjir kemarin itu dampaknya sangat luas, hampir menyeluruh di Bantul kena sampaknya. Banyak infrastruktur rusak, hingga kini tim terus berusaha melakukan pendataan sedetail mungkin agar bisa dijadikan acuan dalam penanganan,” ujar Dwi. (Roy )

BERITA REKOMENDASI