Bank BPD DIY – PDAM Bantul Jalin Kerjasama

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Terjalinnya kerjasama antara PT Bank BPD DIY dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bantul merupakan  salah satu upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga proses pembayaran rekening bulanan bagi pelanggan PDAM Bantul  lebih mudah, cepat serta aman.

Dengan kerjasama itu pembayaran dapat dilakukan di seluruh jaringan kantor layanan dan ATM PT Bank BPD DIY yang tersebar di DIY. Sehingga mulai  tanggal 1 November 2017  pelanggan PDAM Kabupaten Bantul bisa membayar  tagihan rekening air dan tagihan lainnya secara online melalui PT Bank BPD DIY.

Pgs Pemimpin Bank BPD DIY Cabang Bantul Hetty Nikotyastuti mengatakan, kerjasama yang terjalin antara PT Bank BPD DIY dengan PDAM Kabupaten Bantul merupakan bentuk pelayanan bagi masyarakat, sehingga  pelanggan bisa membayar lebih mudah dan cepat. “Pembayaran dapat dilakukan setiap tanggal 1 – 20 bulan berjalan dan untuk selanjutnya dapat dilakukan di Kantor Pusat PDAM Kabupaten Bantul,” ujarnya, Kamis (26/10/2017).

Dijelaskan, cara pembayarannya  cukup mudah, pelanggan PDAM datang ke kantor layanan atau ATM Bank BPD DIY terdekat. Setelah itu  sebut atau ketik Nomor ID Pelanggan dan bayar. Sekarang ini PDAM Bantul juga telah meluncurkan aplikasi berbasis android yang dapat diinstal masyarakat.

Dengan applikasi  itu masyarakat bisa mengetahui beberapa fasilitas yang ditawarkan seperti informasi jumlah tagihan, pemasangan baru hingga produk minuman kemasan serta layanan lainnya. Menurunya  dengan  kemitraan  tersebut , diharapkan pembayaran rekening air bisa dilakukan lebih awal untuk menghindari antrean.

Kerjasama tersebut sebagai wujud komitmen antar BUMD untuk bersinergi memberikan layanan prima kepada masyarakat dan mendukung program Bantul Smart City.  Direktur PDAM Bantul, Drs Yudi Indarto MM mengatakan,  PDAM Bantul juga  sudah menerapkan program ‘Siap Prima’ atau Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan, Pengaduan, Rekening, Informasi lainnya melalui Android’.

Dijelaskan Siap Prima merupakan terobosan sistem informasi inovasi pelayanan publik (Sinovik) yang diluncurkan PDAM Bantul tahun 2017.  Tujuan utamanya meningkatkan pelayanan kepada  masyarakat/pelanggan berbasis teknologi informasi untuk mewujudkan Bantul Smart City. “Masyarakat bisa mengunduh atau download aplikasi PDAM lewat Play Store,” ujar Yudi.

Dalam sistem tersebut masyarakat bisa memperolah informasi diataranya jumlah tagihan rekening air, gangguan aliran air, informasi pemasangan sambungan baru, penyampaian pengaduan atau keluhan pelanggan. Termasuk informasi  terkait dengan sambungan murah hingga ketersediaan jaringan. (Roy)

BERITA REKOMENDASI