Bantul Juara Nasional Dukcapil Bisa 2021

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Bantul mencanangkan program ‘Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat Layanan Adminduk Digital Dalam Genggaman’ , yang juga merupakan tema rapat koordinasi Nasional (Rakornas) Dukcapil tahun 2022 yang digelar di Nusa Dua Bali Selasa sampai Kamis (8-19/2).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Dukcapil Bantul Bambang Purwadi Nugroho SH MH setelah kembali mengikuti Rakornas di ruang kerjanya Selasa (15/2).

Dalam Rakornas tersebut Kabupaten Bantul mendapat penghargaan Nasional Disdukcapil Berkarya Inovasi Inisiatif dan Sabar (Bisa) Tahun 2021 kategori jumlah penduduk sedang. Disamping Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Badung.

Menurut Bambang selain pencangan SIAK terpusat layanan Adminduk digital dalam genggaman, Disducapil Bantul siap menguatkan komitmen dan menyamakan persepsi jajaran Dukcapil pusat dan daerah guna mendukung pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 serta meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan di seluruh Indonesia.

Dinas Dukcapil Bantul saat ini sedang menuntaskan perekaman e-KTP, termasuk melakukan perekaman terhadap pemilih pemula tahun 2022 dan 2023 melalui perekaman jemput bola ke sekolah-sekolah dan tempat lain yang membutuhkan.

“Juga melakukan sinkronisssi data penduduk dan data pemilih akan dilakukan secara terpusat sehingga Dinas Dukcapil tidak perlu menyerahkan data penduduk by namd by addres kepada (KPUD ). Dengan demikian akan menguatkan dan menyamakan persepsi jajaran Dukcapil pusat dan daerah guna mendukung pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak 2024,” pungkas Bambang. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI