Bantul Kabupaten Layak Anak Naik Peringkat Nindya

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Kabupaten Bantul tahun 2022 ini meraih kategori Nindya pada penghargaan Kabupaten maupun Kota Layak Anak (KLA) yang diadakan oleh Kementerian PPPA RI dalam rangka memperingati Hati Anak Nasional 2022. Penghargaan diterimakan di Bogor Jumat (22/07/2022). Untuk Bantul diterima Asisten 1 Didik Warsito mewakili Bupati Bantul.

Menurut Didik, penilaian KLA dilakukan kepada 312 Kabupaten dan Kota. Sebanyak 8 Kabupaten maupun Kota mendapatkan penghargaan kategori Utama, 66 kategori Nindya, 117 Madya dan 112 Pratama. Dengan meraih kategori Nindya ini Bantul berhasil naik satu peringkat yang pada tahun sebelumnya masih menyandang kategori Madya.

“Dengan meraih kategori Nindya ini pula, Bantul satu langkah lagi mencapai Kabupaten Layak Anak kategori Utama. Untuk itu perlu dukungan dari semua pihak, dari masyarakat tingkat kalurahan dan kapanewon yang menjadi ujung tombak paling bawah,” jelasnya

Untuk meraih KLA Utama dibutuhkan kekompakan antara pemerintah tingkat Pemkab, kapanewon, kalurahan, mitra KLA, para pegiat hak- hak anak dan semua pemangku kepentingan di Kabupaten Bantul agar memberikan hak-hak anak. Kabupaten Bantul Layak Anak yang diiniasi Bupati Bantul bertujuan untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak- hak anak di daerah.

Untuk mempercepat tercapainya Bantul menjadi Kabupaten Layak Anak, Pemkab sudah mengalokasikan anggaran, seperti Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pedukuhan yang didalamnya diamanahkan agar bisa memberikan hak- hak anak di bidang pendidikan dan kesehatan.

“Dimasa depan Kabupaten Bantul harus bisa menekan angka kematian ibu dan bayi, serta menekan angka stanting dan memberikan hak- hak anak secara memadai,” ungkap Didik. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI