Bantul Layani Oksigen Gratis

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih meluncurkan program oksigen gratis untuk masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri maupun yang dirawat di shelter. Peluncuran dilakukan di Rumah Dinas Bupati Bantul, Trirenggo, Kamis (12/08/2021) siang.

Bupati Bantul menjelaskan, langkah ini dilakukan karena banyaknya masyarakat yang membutuhkan oksigen, sedangkan di pasaran luar oksigen sulit diperoleh. “Disamping itu juga karena harga oksigen mengalami lonjakan sehingga banyak warga yang keberatan untuk membeli di pasaran luar. Setelah Pemkab Bantul melakukan pengadaan generator oksigen di RSUD Panembahan Senopati, alhamdulillah kemampuannya bisa memenuhi kebutuhan oksigen untuk pasien rumah sakit di Bantul. Walaupun kebutuhan oksigen meningkat, tetapi sekarang di Bantul tidak ada kelangkaan oksigen lagi,” ungkap Bupati Bantul.

Menurut Bupati Bantul, generator oksigen di RSUD Panembahan Senopati memiliki kapasitas 300 meter kubik per hari. Kelebihan dari pemenuhan di rumah sakit, diberikan kepada masyarakat yang menjalani perawatan karena terpapar Covid-19 secara gratis.

Untuk tahap awal akan tersedia 15 meter kubik untuk kebutuhan masyarakat secara gratis, selama masih terjadi pandemi Covid-19. Pelayanan oksigen untuk masyarakat umum ini dibuka 24 jam.

Sementara tujuan dari program ini adalah untuk membantu masyarakat terpapar Covid-19. Karena kebutuhan oksigen merupakan sarana vital dalam penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit. Bupati Bantul minta kepada pihak Kalurahan agar bisa diajak bekerja sama dengan mengusahakan tabung kosong untuk dipinjamkan kepada masyarakat.

Sementara pemilihan lokasi di rumah dinas Bupati, karena kawasan rumah sakit merupakan kawasan steril. “Karena rumah sakit harus steril bebas dari aktivitas non pelayanan medik dan kerumunan medik, maka pelayanan oksigen ditempatkan di rumah dinas,” pungkas Halim. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI