Bapak Tiga Anak Cabuli Bocah Difabel

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Petugas dari Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Bantul Polda DIY meringkus tersangka pencabulan terhadap anak penyandang disabilitas dibawah umur. Tersangka berinisial Sa (63) warga Banguntapan Bantul kini menjalani pemeriksaan di Polres Bantul.

Kaur Bin Ops Sat Reskrim Polres Bantul, Iptu Sutarja SH mengatakan kasus tersebut terjadi awal tahun 2020. Korban merupakan tetangga dekat dari tersangka Sa. “Tersangka telah melakukan sebanyak tiga kali,” ujarnya didampingi Kasubbag Humas Iptu Sumaryata di Mapolres Bantul, Kamis (04/02/2021).

Dijelaskan, peristiwa pertama terjadi tidak jauh dari tempat tinggal keduanya. Selanjutnya kejadian kedua di dapur rumah dan terakhir di kamar tersangka.

Penyidik Unit PPA Satreskrim Polres Bantul Polda DIY, Aipda Mustafa Kamal SH menjelaskan perbuatan cabul tersangka baru terungkap pada saat korban mengeluh sakit pada bagian organ vitalnya. Kemudian ia dibawa ke puskesmas dan diketahui telah menjadi korban pencabulan.

Kasus tersebut baru dilaporkan ke polisi pada 3 September 2020 silam. Hal tersebut karena keterbatasan pengetahuan serta kondisi ibu korban yang tengah sakit.

Setelah dilakukan penyelidikan tersangka yang akhir Januari 2021 diketahui kembali ke Yogyakarta. Tersangka ditangkap Selasa (02/02/2021) di kosnya di Kapanewon Sewon.

Tersangka yang punya istri dan tiga orang anak ini dijerat pasal 82 Undang-undang RI Nomor 17 tahun 2016 tentang penetapan Perpu nomor 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-undang RI nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Ancaman hukuman paling sedikit 5 tahun dan paling lama 15 tahun penjara.

Kepada petugas, tersanka mengaku motif tindakan bejat itu dilakukan karena ia merasa selama ini telah dekat dengan korban. “Ia itu sering nempel-nempel ke saya, akhirnya saya timbul nafsu,” jelas pelaku sambil menyesali perbuatanya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI