‘Batik To The Moon’ Dibuka, Mau Belajar atau Beli Batik Jogja Langsung ke JEC

BANTUL, KRJOGJA.com – Festival Jogja Kota Batik Dunia 2017 dengan tajuk “Batik To The Moon” resmi dibuka Rabu (25/10/2017) di Jogja Expo Center (JEC). Lebih dari 150 Industri Kecil Menengah (IKM) Batik se-DIY ikut serta memamerkan berbagai hasil karya orisinal yang dapat langsung dibeli para pengunjung.

Agenda yang diprakarsasi Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) DIY bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DIY dan Paguyuban Batik ini ditujukan untuk meningkatkan perekonomian para pegiat batik di DIY. Penyelenggaraan festival Batik To The Moon ini bakal dilangsungkan selama lima hari hingga 29 Oktober 2017.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Sekretariat Saerah Pemda DIY, Sulistyo yang mewakili Gubernur DIY mengatakan acara tahun 2017 ini sangat spesial lantaran bertepatan dengan peringatan 50 tahun World Craft Council yang memberikan predikat Jogja Kota Batik Dunia bebetapa tahun terakhir. Namun, predikat tersebut menurut Sulistyo membawa konsekuensi besar untuk Yogyakarta.

“Maka itu kami selenggarakan event Batik To The Moon, yang bermakna bahwa penjelajahan batik itu tak terbatas hingga ke bulan. Kami ingin angkat harkat dan martabat seni batik agar tidak hanya sebagai tinggalan budaya saja, tapi membuat insan batik gumregah untuk mengembangkan batik ke seluruh dunia,” ungkapnya.

Dalam agenda Batik To The Moon ini, pengunjung bisa menyaksikan bahkan belajar tentang batik secara langsung di JEC. “Kami Ecara khusus ingin memberikan apresiasi pada insan batik Yogyakarta dan mendorong untuk terus berkembang dan semoga melalui acara ini bisa dipetik hal positif untuk menambah kesejahteraan insan batik Yogyakarta,” pungkasnya.

Beberapa agenda acara menarik selama lima hari bisa diikuti oleh pengunjung yang hadir ke JEC seperti Fashion Show Batik. Kamis (26/10/2017) besok, diselenggarakan pula Jogja Batik Parade di sepanjang Jalan Malioboro yang menampilkan karya batik konvensional, modern dan rancangan konsep. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI