Belanja di Pasar, Bupati Bantul Nostalgia Masa Muda

Editor: KRjogja/Gus

KRETEK, KRJOGJA.com – Peringatan dua tahun berdirinya Pasar Angkruksari Kretek Bantul dijadikan momentum  meningkatkan pelayanan agar pusat perbelanjaan tradisional itu makin diminati masyarakat, Minggu (17/3). Pedagang pasar harus  saling menjaga agar pasar tradisional eksis ditengah ketatnya persaingan.

Sejauh ini, pasar tradisional tetap jadi tumpuan masyarakat menggerakkan roda perekonomian dilevel dasar. Sementara puncak peringatan dua tahun berdirinya pasar, berbagai kegiatan dilakukan. Termasuk melakukan undian hadiah utama sepeda motor serta dua sepeda onthel dari Bupati Bantul Drs H Suharsono dan Ketua Tim Penggerak PKK Bantul Erna Kusmawati Suharsono. 

Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Pasar Angkruksari, Aris Hariyanto mengatakan, setelah dua tahun berdiri Pasar Angkruksari sebagai salah satu pasar terbesar di Kecamatan Kretek Bantul menunjukkan perkembangan positif. "Jumlah pedagang di pasar ini mencapai 1.000 orang lebih, perkembangan itu sangat kami syukuri karena membuat pasar semakin ramai," ujar Aris.  Pihaknya berusaha membuat nyaman pedagang dan pengunjung pasar Angkruksari.

Sehingga dari aspek pengelolaan sebisa mungkin sesuai dengan ketentuan tidak memberatkan pedagang pasar. Sehingga semua  pemasukan dikelola pengurus dan tidak ada yang masuk ke kantong pribadi. "APPSI mengelola pasar ini bersama dengan pendampingan pemerintah Bantul, kami berusaha mencegah adanya premanisme pasar. Itu semua kami tempuh agar semua nyaman untuk berjualan di pasar ini," ujar Aris.

Bupati Bantul Suharsono mengatakan, pembangunan pasar tradisional merupakan wujud nyata dari pemerintah untuk menyejahterakan rakyat Bantul. “Pokoknya program pembangunan ini saya lakukan untuk menyejahterakan  rakyat saya, paling penting bagaimana rakyat Bantul bisa sejehatera lewat aktivitas dipasar,” ujarnya. Oleh karena itu bupati juga akan memberikan modal berjualan kepada masyarakat yang berminat jualan bakmi. “Yang mau berjualan bakmi, saya berikan modal  dari saya pribadi,” ujarnya.  Bupati juga menyempatkan untuk belanja langsung sejumlah kebutuhan pokok sambil ngaruhke rakyatnya di Pasar Angkruksari. “Sejak dulu belanja di pasar merupakan kegiatan rutin setiap minggu, itu saya lakukan jauh sebelum jadi bupati,” ujarnya. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI