Bendungan Kamijoro Baru Dukung Kebutuhan Air Wilayah NYIA

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Proses pembangunan Bendung Sungai Progo Kamijoro Baru di Pajangan Bantul, yang dimulai sejak 2017 akan segera selesai dan direncanakan 2019 sudah dapat dioperasikan. Bendung baru yang didanai dari APBN sekitar Rp 218 miliar tersebut, selain akan mampu menyuplai air untuk kebutuhan irigasi juga akan mampu untuk kebutuhan pengolahan air minum di wilayah berdampak pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Bantul Ir Yitno mengatakan dengan dibangunnya Bendung Baru Kamijoro wilayah pertanian di empat kecamatan yakni Kretek, Pandak, Srandakan, dan Sanden seluas 2.300 hektare yang semula sering mengalami kekurangan air irigasi pada saat musim kemarau, bakal menjadi wilayah yang kelebihan air irigasi. Pola tanam yang semula Polowijo-Polowijo-Padi akan berbalik menjadi Padi-Padi-Polowijo, hal ini karena debit Bendung Kamijoro Baru bisa mencapai 3.450 liter atau 3,45 meter kubik per detik.

"Sehingga debit tersebut lebih dari cukup untuk mengairi wilayah pertanian yang luasnya 2.300 hektare," tandas Yitno.

Dengan melimpahnya air dari Bendung Kamijoro Baru, para petani di wilayah empat kecamatan tersebut juga akan lebih diringankan pekerjaannya dalam mengolah lahan. Hal ini karena semula untuk mendapatkan air harus menggunakan pompa air portabel namun kini sudah tidak perlu lagi. Sementara Bendung Pijenen Wijirejo dari Sungai Bedog yang semula menjadi sumber utama pengadaan air irigasi, nantinya hanya untuk penyuplai saja. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI