Bentuk Generasi Kreatif, Inovatif di Era New Normal

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2021 digulirkan Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Panitia PKKMB ISI Yogyakarta mengambil tajuk ‘Bersama Menjadi Insan Seni Berprestasi’ dilaksanakan mulai tanggal 25-27 Agustus 2021. Program tersebut dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri.

Rektor ISI Yogyakarta, Prof Dr M Agus Burhan MHum mengatakan, PKKMB merupakan kegiatan untuk mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan baru. Termasuk memberikan bekal untuk kesuksesan dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Oleh karena itu dilakukan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Momentum ini dapat dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air serta kepedulian terhadap lingkungan. Sehingga tercipta generasi yang berkarakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan berintegritas.

Dengan kegiatan PKKMB tersebut diharapkan jadi wahana penanaman lima program gerakan nasional revolusi mental yakni Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri serta Indonesia bersatu. Artinya lewat PKKMB bakal memberikan bekal awal supaya mahasiswa nantinya jadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

Program PKKMB mesti direncanakan matang agar bisa dijadikan momentum bagi mahasiswa baru untuk mendapat informasi tepat mengenai sistem pendidikan di perguruan tinggi baik bidang akademik maupun non-akademik. “PKKMB diharapkan dapat menjadi penyadaran akan adanya hal-hal yang menghambat studi mahasiswa baru termasuk bisa menghambat pencapaian tujuan nasional misalnya masalah radikalisme, terorisme, penyalahgunaan narkoba, kekerasan seksual, plagiarisme, korupsi, dan lainnya,” ujarnya.

Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini diantaranya pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru ISI Yogyakarta dan memberikan pembekalan materi kepemimpinan, keorganisasian, dan kesopansantunan bagi seluruh mahasiswa baru ISI Yogyakarta. PKKMB merupakan kegiatan tahunan yang bersifat wajib bagi setiap mahasiswa baru di ISI Yogyakarta. (Roy)

BERITA REKOMENDASI